Implementasi Model Project Based Learning Mata Pelajaran Geografi di Kelas X SMA Negeri 8 Luwu Timur
(1) Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan UPT SMA Negeri 8 Luwu Timur
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ugj.v2i2.10790
Abstract
This study aims to describe the implementation of Project-Based Learning models in geography learning. The type of research is survey research. The subjects in this study were the teacher of geography, the deputy head of the curriculum, and the principal. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. The results showed that the form of Project-Based Learning implementation in learning geography with details: learning planning, learning implementation, and learning assessment. In learning planning is done by analyzing the contents of the 2013 curriculum content and learning design planning. Furthermore, the implementation of learning is done by determining the project, designing project completion steps, preparing project implementation schedules, completing projects, preparing reports, presenting project results, and evaluating project processes and results. Meanwhile, the assessment of learning is carried out on the aspect of attitude using observation techniques, self-assessment, and assessment between friends. Assessment of aspects of knowledge using written test techniques and assignments, as well as skills assessment using project results assessment techniques.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Project-Based Learning pada pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi, wakil kepala bidang kurikulum, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi Project-Based Learning pada pembelajaran geografi dengan rincian: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menganilisis standar isi kurikulum 2013 dan desain pembelajaran. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan penentuan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek, penyusunan laporan, presentasi hasil proyek, dan evaluasi proses serta hasil proyek. Sementara, penilaian pembelajaran dilakukan pada aspek sikap dengan menggunakan teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian pada aspek pengetahuan dengan menggunakan teknik tes tertulis dan penugasan, serta penilaian keterampilan dengan menggunakan teknik penilaian hasil proyek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Morissan, M. dkk. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Paramita, Ardiansyah. 2016. Materi Pokok Geografi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Parwati, Ni Yoman. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 SMA/MA, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA.
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016. Standar Isi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sholeh, Muh. 2017. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks Kukrikulum 2013. Jurnal geografi, volume 4 nomor 2.
Sucipto, Hadi. 2017. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. Volume 1 Nomor 1.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumaatmadja, Nursid. 2014. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: Alumni.
Article Metrics
Abstract view : 521 times | PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 syarifuddin chali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UNM Geographic Journal is Indexed in
Editorial Office of UNM Geographic Journal: