Kajian Strategi Pengelolaan Sampah

Dermawan Dermawan(1*), Lahming Lahming(2), Moh. Ahsan S. Mandra(3),

(1) Universitas Al Asyariah Mandar, Sulawesi Barat1
(2) Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v1i3.8074

Abstract


Pengelolaan sampah harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat. Selain itu, pengelolaan sampah juga membutuhkan adanya kepastian hukum, kejelasan tanggung jawab dan pembagian kewenangan selain untuk peran masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah dapat mendukung secara system pengelolaan sampah. Kebijakan Strategi Nasional Pengembangan Pengelolaan Persampahan diuraikan bahwa penanganan dan pengurangan sampah berbasis rumah tangga dengan menerapkan 3R: Reduce. Reuse, dan Recycle. maka dapat disimpulkan bahwa penanganan dan pengelolaan sampah tidak cukup didukung oleh teknologi, sarana dan prasarana serta dana yang memadai, tetapi yang lebih penting adalah partisipasi seluruh komponen masyarakat secara langsung atau tidak langsung, baik secara kelompok maupun individu. Persoalan sampah bisa berkurang jika pemerintah bersinergi dengan masyarakat serta memberikan porsi yang semakin meningkat untuk berperan serta aktif dalam pengelolaan sampah.

 


Keywords


strategi, pengelolaan, sampah, masyarakat

Full Text:

PDF

References


Anam, K., 2013. Strategi Pemasaran dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), pp.159-170.

Artiningsih, N.K.A., 2008. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga (Studi kasus di Sampangan dan Jomblang, Kota Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Firman, L.S. 2010. Pengelolaan Sampah Pemukiman berbasis Masyarakat:studi Kasus Jakarta Selatan

FItrotin Jamilah. 2014. Strategi Penyelesaian Sengketa Bisnis. Medpress Digital, Yogyakarta

Kurniaty, Y., Nararaya, W.H.B., Turawan, R.N. and Nurmuhamad, F., 2016. Mengefektifkan Pemisahan Jenis Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu Di Kota Magelang. Varia Justicia, 12(1), pp.135-150.

Munarika, n., 2018. Strategi dalam meningkatkan kepuasan anggota penabung dengan akad wadi’ah di kantor pusat baitul maal wat tamwil (BMT) pahlawan tulungagung. (Skripsi, IAIN Tulungangung).

Sahil, J., Al Muhdar, M.H.I., Rohman, F. and Syamsuri, I., 2016. Sistem pengelolaan dan upaya penanggulangan sampah di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate. BIOEDUKASI, 4(2).

Sumarto, S., 2016. Community engagement waste management dengan activated carbon (nano porus materials), bioarang dan kompos: mengatasi pengelolaan sampah dengan bioarang, activated carbon dan kompos bagi masya¬ rakat desa parit dan kebun ix kec. Sungai gelam kab. Muara Jambi.

SURYANI, H., 2017. Model Pelatihan Motivation, Innovative, Development, Achievement (MIDA) dalam Pengelolaan Limbah Industri Pakaian Jadi (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Trina Ayuni, Dodik Ridho Nurrochmat, dan Nastiti Siswi Indrasti, 2016. Strategi Pengelolaan Limbah Elektronik Melalui Pengembangan Infrastruktur Ramah Lingkungan. Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan, 3(1), Pp.78-86.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor18 tentang Pengelolaan Sampah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Qomariyah, S.L., 2014. Strategies Used By The High And Low Writing Ability Students To Develop Writing Skill At Muhammadiyah University Of Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).


Article Metrics

Abstract view : 3278 times | PDF view : 520 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.