Gambaran Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Pertiwi Kota Makassar

Jusman Jusman(1*), Muhammad Ardi(2), Bakhrani Rauf(3),

(1) Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v1i2.8065

Abstract


Pelestarian lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi dan bukan hanya tanggung jawab negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi. Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya, harus disertai dengan tindakan pencegahan kerusakan lingkungan. Berbagai program pembangunan berkelanjutan dilakukan sebagai bagian perlindungan kualitas lingkungan. Salah satu program pembangunan berkelanjutan di bidang lingkungan, adalah pendidikan lingkungan hidup yang dimulai pada tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Artikel ini membahas gambaran pelaksanaan program Adiwiyata. Program adiwiyata yaitu sekolah yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya, yang meliputi sekolah bersih, sehat, indah serta lingkungan berwawasan global yang mengharapkan semua orang ataupun warga sekolah dapat sadar akan betapa pentingnya lingkungan sekitar. Maka dari itu sekolah yang menjalankan program adiwiyata memiliki kebijakan pengintegrasi pendidikan lingkungan hidup, seperti pada sekolah dasar pertiwi di kota makassar yang menjadi penelitian ini.


Keywords


pendidikan, lingkungan hidup, program adiwiyata,, sekolah

Full Text:

PDF

References


Dwi Riskina, M.E.I.R.I.S.A., 2019. Studi Deskriptif Tentang Sikap Peduli Lingkungan Melalui Program Sekolah Adiwiyata di SMAN 2 Pamekasan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(1).

Halimatussakdiah, 2018. Sikap Keteladanan Guru Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa Di Mis Madinatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi, tidak dipublikasi. Universitas Islam Negeri. Medan

Hamzah Syukri. 2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung: Refika Aditama

Landriany, e., 2015. Implementasi kebijakan adiwiyata dalam upaya mewujudkan pendidikan lingkungan hidup pada sekolah menengah umum (sma) kota malang (doctoral dissertation, university of muhammadiyah malang).

Muhammad Amin Mangara, 2015. Pencegahan Pencemaran Laut. CV. Sah Media, Makassar.

Pertiwi, N., 2015. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Kurikulum Pendidikan Teknologi Kejuruan. proceedingfptk, 439.

Satya Laksana, 2017. Partisipasi Siswa Dalam Implementasi PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di SMPN 7 Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sitisyarah, K. and Mustika, R., 2017. Penerapan Program Adiwiyata di SMP Negeri 13 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 701 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.