Dampak Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Dalam Pengetahuan Lingkungan Hidup

Oktofin Pali(1*), Bakhrani A. Rauf(2), Faizal Amir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v4i1.20343

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup pada Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar sudah adiwiyata dan non adiwiyata, serta dampak penerapan program adiwiyata terhadap peningkatan pengetahuan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup pada pada Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi penelitian adalah siswa kelas 5 dan kelas 6 pada SDN Monginsidi III dan SDN KIP Bara-Baraya I. Sampel penelitian berjumlah 160 siswa dengan penentuan anggota sampel pada setiap sekolah dilakukan dengan metode simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang bersekolah pada Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar yang non Adiwiyata memiliki tingkat pengetahuan pengelolaan lingkungan hidup berada pada kategori sedang, sedangkan yang sudah adiwiyata berada pada kategori tinggi. Penerapan Program Adiwiyata memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini terlihat dari adanya perbedaaan antara siswa pada sekolah yang telah Adiwiyata dengan siswa pada sekolah yang belum Adiwiyata.


Keywords


Pengetahuan, Perilaku Siswa, Adiwiyata.

Full Text:

PDF

References


Ariani, F. D. (2019). Analisis partisipasi warga sekolah pada program adiwiyata di SDN Polehan 2 Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Elvazia, H. A. (2017). Perbandingan literasi lingkungan dan sikap peduli lingkungan siswa sekolah adiwiyata dengan siswa sekolah non adiwiyata di Kabupaten Pringsewu (Studi Perbandingan pada siswa kelas X di Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017).

Jumadil, K., & Hamzah, A. (2015). Penerapan Program Adiwiyata pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar di Kota Kendari. Jurnal Sains Dan Teknologi, 15(2), 115–125.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Uçar, M. B., & Canpolat, E. (2019). Modelling preservice science teachers’ environment-friendly behaviours. Australian Journal of Teacher Education, 44(2), 1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta.

Witadiana, H. S., Wahyuni, I. S., & Nuráeny, N. (2020). Tingkat pengetahuan dan sumber informasi mengenai lesi ulserasi mulut pada siswa sekolah dasar Level of knowledge and sources of information regarding oral ulcerations in elementary school students. Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students, 4(1), 27–35.


Article Metrics

Abstract view : 343 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Environmental Education Postgraduate Program

Universitas Negeri Makassar

Jl.Bonto Langkasa Gunungsari Makassar 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang Prodi PKLH Lt.1,Indonesia

Email : uej@unm.ac.id, dan uej.pklhunm@gmail.com

Hp. +62 812-4283-204 (an. Nurlita Pertiwi) & +62 8563-605-097 (an. Muzaki)

ISSN : 2599-2902 (Online)

ISSN : 2598-6090 (Print)

UNM Environmental Journals is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

UNM Environmental Journals Indexed by