Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pembelajaran Jurusan Perikanan di SMK Negeri 2 Wajo Provinsi Sulawesi Selatan

Muhammad Rusman(1*), Muzaki Muzaki(2),

(1) SMK Negeri 2 Wajo
(2) STMIK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v3i3.16172

Abstract


Metode penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan materi pembelajaran lingkungan hidup yang dapat diintegrasikan pada pembelajaran jurusan perikanan di SMK Negeri 2 Wajo.  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena analisis datanya berupa kata-kata tertulis atau lisan dan mempertimbangkan pendapat orang lain yang disebut narasumber. Beberapa materi pokok pada Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013 mata pelajaran di jurusan perikanan SMK, setelah diidentifikasi dan dianalisa secara mendalam ternyata dapat diintegrasikan beberapa materi tentang pendidikan lingkungan hidup. Penyusunan deskripsi singkat materi integrasi pendidikan lingkungan hidup di jurusan perikanan diarahkan agar ada perubahan pola pengetahuan, kesadaran, sikap, keterampilan dan partisipasi yang diharapkan kepada siswa kedepannya.

Keywords


Perikanan SMK, Materi integrasi PLH, Lingkungan Hidup

Full Text:

PDF

References


Bezzina, C., Pace, Paul. (2006). School improvement, school effectiveness or scholl development. London: Trentham Books Limited.

Barlia, Lily. 2008. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.

Chen, Judith., Cheng, Hsuan (2008). Children,Teachers and Nature: An Analysis of An Environmental Education Program. University of Florida.

Sumarmi. 2008. Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 15 Nomor 1 Halaman 19-25. Malang: LPTK (Lembanga Pendidikan dan Tenaga Pendidikan) dan ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia)

UNESCO (1977). Konferensi Tbilisi tentang Pendidikan Lingkungan Hidup.Tbilisi : UNESCO

Valentin, J. and Gamez, L. (2010). Environmental Psychology New Development. New York: Nova Science Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 335 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.