Analisis Mengelola Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Yadiadwan Sampebua(1*), Nurlita Pertiwi(2), Muzaki Muzaki(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) STMIK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v3i3.16171

Abstract


Toraja Utara merupakan   salah   satu   daerah   tujuan   wisatawan, sehingga  menjadi  salah  satu  daerah  objek wisata yang berdampak terhadap perkembangan jumlah masyarakat dan menjadi dasar pertambahan jumlah sampah yang dihasilkan setiap harinya. Akibat dari jumlah sampah yang dihasilkan setiap hari dapat menjadi masalah lingkungan dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan lingkungan hidup, sikap lingkungan hidup, dengan perilaku secara sendiri dan bersama-sama masyarakat mengelola sampah rumah tangga di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yang menggunakan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat yang berjumlah 100 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh pengetahuan, sikap, dan tingkat pendidikan terhadap perilaku mengenai pengelolaan sampah rumah tangga di wilayah Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara sebesar 68,9%.

Keywords


Pengelolaan sampah, Rumah tangga, Kuantitatif, Uji determinasi, Korelasi, Toraja Utara.

Full Text:

PDF

References


Adnani, H. 2009. Perilaku Petugas Pengumpul Sampah Untuk Melindungi Dirinya Dari Penyakit Bawaan Sampah Di Wilayah Patangpuluhan Yogyakarta Tahun 2009. Jurnal Kesmas UAD, 144–152.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Prof. Enri Damanhuri, Dr. Tripadmi. 2010. Diktat Kuliah Tl-3104 Pengelolaan Sampah. Itb.

SNI 19-2454-2002. Tata Cara Teknik Operasional Sampah Perkotaan.

Sudrajat. (2006). Mengelola Sampah Kota: Solusi Mengatasi Masalah Sampah Kota dengan Manajemen Terpadu dan Mengolahnya Menjadi Energi Listrik & Kompos. Depok: Penebar Swadaya.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 572 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.