Analisis Pelaksanaan Program Adiwiyata Di Kota Makassar

Seprian Patandianan(1*), Lahming Lahming(2), Moh. Ahsan S. Mandra(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v3i3.16170

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Survay dengan analisis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan mengenai bagaimana Pelaksanaan program adiwiyata dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga sekolah yang ada di SMP Negeri 17 Makassar dengan jumlah sampel 130 orang peserta didik dan 3 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengunakan angket dan diperdalam melalui wawancara. Hasil uji statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengetahuan lingkungan peserta didik SMP Negeri 17 Makassar termasuk kategori tinggi, sikap lingkungan peserta didik SMP Negeri 17 Makassar termasuk kategori tinggi, partisipasi lingkungan peserta didik SMP Negeri 17 Makassar termasuk kategori sedang. sementara pencanaan, pelaksanaan, dan monitoring sudah berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program adiwiyata sudah memberikan pengaruh positif pada pengetahuan lingkungan peserta didik dan sikap peserta didik dalam memelihara lingkungan sedangkan partisipasi peserta didik dalam memelihara lingkungan belum memberikan dampak positif. Sementara pada perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring sudah terlaksana dengan baik.


Keywords


Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring, Pendidikan, Lingkungan Hidup.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup.http://www.menlh.go.id/pendidikan lingkungan hidup/ .Diakses 10 april 2018.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2010. Panduan Adiwiyata 2012. Jakarta: KLH.

Rusdiana. A. 2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Bandung: Pustaka Tresna Bhakti

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabet

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabet

Windrianingsih, Sinta Selvi. 2014. Kebijakan Sekolah Dan Partisipasi Siswa Dalam Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Di Smp Negeri 1 Jakenan Kabupaten Pati 11(2): 11.


Article Metrics

Abstract view : 358 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.