Pola Pemanfaatan dan Pemeliharaan Mangrove Masyarakat Pesisir di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan

Rosmiati Rosmiati(1*), Bakhrani Rauf(2), Faizal Amir(3),

(1) Universitas Indonesia Timur
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v3i2.14692

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemanfataan dan pemeliharaan mangrove masyarakat pesisir. Populasi penelitian adalah semua masyarakat yang berdiam di pesisir pantai Kabupaten Bulukumba. Sampel sebanyak 78 orang dipilih dengan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan analisis nilai. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan mangrove ditandai dengan nilai tertinggi pada indikator kawasan wisata dan perlindungan ombak. Sedangkan pemanfaatan kayu untuk bahan bakar dan bahan bangunan masih relatif rendah. Pada kajian pemeliharaan mangrove oleh masyarakat lokal ditemukan bahwa upaya penanaman memberikan nilai tertinggi. Sedangkan indikator pemusnahan dan pembuangan sampah relatif rendah. Namun demikian kegiatan ini harus dikendalikan karena dapat merusak ekosistem mangrove.

Keywords


Kawasan wisata, Pelindungan ombak dan pemusnahan

Full Text:

PDF

References


Heriyanto, N. M., & Subiandono, E. (2012). Komposisi dan struktur tegakan, biomasa, dan potensi kandungan karbon hutan mangrove di Taman Nasional Alas Purwo. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 9(1), 023-032.

Kumara, M. P., Jayatissa, L. P., Krauss, K. W., Phillips, D. H., & Huxham, M. (2010). High mangrove density enhances surface accretion, surface elevation change, and tree survival in coastal areas susceptible to sea-level rise. Oecologia, 164(2), 545-553.

Kusmana, C. (2015). Integrated sustainable mangrove forest management. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 5(1), 1.

Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2004 Tentang Perencanaan Kehutanan

Peraturan Presiden Nomor 73 Tahun 2012 Tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove

Saprudin, S., & Halidah, H. (2012). Potensi dan Nilai Manfaat Jasa Lingkungan Hutan Mangrove Di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Hutan Dan Konservasi Alam, 9(3), 213-219.

Utomo, B., Budiastuty, S., & Muryani, C. (2017). Strategi Pengelolaan Hutan Mangrove Di Desa Tanggul Tlare Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(2), 117-123.


Article Metrics

Abstract view : 904 times | PDF view : 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.