Pola Tata Ruang Rumah Deret dan Pengaruhnya Terhadap Optimasi Penghawaan Alami

Syamfitriani Asnur(1*), Syahril Idris(2), Syamsuddin Mustafa(3),

(1) Universitas Bosowa Makassar
(2) Universitas Bosowa Makassar
(3) Universitas Bosowa Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v3i1.14691

Abstract


Rumah deret merupakan rumah tunggal (single housing) yang disusun secara berjajar tanpa ada jarak atau sisa lahan kosong, hanya ada dinding pemisahnya sebagai batas antara rumah satu dengan rumah sebelahnya. Aspek kenyamanan menjadi hal yang penting dalam mendesain rumah, karena rumah yang nyaman akan berdampak pada betah tidaknya penghuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi penghawaan alami pada penataan ruang rumah deret. Rumah yang menjadi fokus penelitian ini adalah rumah yang memiliki luasan maksimal 55 m2 yang berada di Perumahan Citra Garden Gowa. Metode penelitian ini didasarkan pada metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini juga bersifat komparatif antara rumah sederhana yang masih asli atau belum mengalami perubahan dan yang sudah mengalami perubahan atau renovasi.. Pola tatatan ruang rumah menjadi variabel utama dalam penelitian ini, meskipun variabel-variabel lain juga ikut dimasukkan dan ikut mempengaruhi sistem penghawaan alami dalam rumah deret. Hasil yang didapatkan bahwa selalu ada ruang yang kurang optimal penghawaan alaminya akibat perubahan pola tatanan ruang. Arah perubahan rumah tipe deret selalu ke belakang dan ke depan, sehingga mengurangi optimalisasi penghawaan alami.


Keywords


Rumah deret, pola, tata ruang, optimasi, penghawaan alami.

Full Text:

PDF

References


Zuraida, Latiefa U. 2013. Pengaruh Pola Penataan Ruang Rumah Deret Terhadap Pengoptimalan Angin. Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT)

Karyono, T. H. (2013). Arsitektur dan Kota Tropis Dunia Ketiga, Suatu Bahasan Tentang Indonesia. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Simbolon, H., & Nasution, I. N. (2017). Desain Rumah Tinggal Yang Ramah Lingkungan Untuk Iklim Tropis. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 3(1 JUNI), 46-59.

Keputusan Menteri Permukiman Dan Prasarana Wilayah Nomor: 403/Kpts/M/2002. Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Sederhana Sehat (Rs Sehat).

Lippsmeier, G. (1997). Bangunan Tropis. (Terjemahan Syahmir Nasution). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Publisher: Remaja Rosdakarya, Bandung


Article Metrics

Abstract view : 2212 times | PDF view : 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.