Pola Rantai Pasokan (Supply Chain) Di Pasar Jalanan Tradisional Pada Pasar Terong Di Kota Makassar

Syahril Idris(1*), Nurlita Pertiwi(2), Muzaki Muzaki(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) STMIK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v3i1.14690

Abstract


Abstrak
Pasar tradisional adalah sebuah tempat yang terbuka dimana terjadi proses transaksi jual beli yang dimungkinkan proses tawar-menawar. Menurut Wicaksono & Nuvriasari (2012) pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung, Perkembangan pasar tradisional diduga menjadi pemicu tumbuhnya aktivitas perdagangan yang diikuti dengan perubahan fungsi bangunan di sepanjang jalan ditengah pasar. Hal ini dikuatkan pula dengan tumbuhnya pasar tumpah yang menempati ruas jalan bahkan sehingga kendaraan kesulitan untuk melewati jalan yang disekitar pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecenderungan jalan disekitar pasar Terong sebagai aktifitas perdagangan pasar jalanan tradisional dan untuk mengetahui pola rantai pasokan (Supply Chain) khususnya antara pemasok, pedagang tradisional dan pembeli di Pasar Tradisional Kota Makassar yang selama ini berlangsung dan tetap aksis serta untuk mengetahui pola rantai pasokan tetap mendukung terjadinya efisiensi.
Jenis penelitian yang dipakai di dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Menurut Abercrombie, Hill, Turner dalam Moleong (2005) penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang dicirikan oleh tujuan penelitian yang ingin memahami gejala-gejala yang tidak memerlukan kuantifikasi atau gejala-gejala yang tidak memungkinkan untuk diukur secara tepat atau kuantitatif. Selanjutnya yang dinamakan penelitian deskriptif menurut Arikunto (2006) adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Chopra, S., & Meindl, P. (2007). Supply chain management. Strategy, planning & operation. In Das summa summarum des management (pp. 265-275). Gabler.

Masitoh, E. A. (2013). Upaya Menjaga Eksistensi Pasar Tradisional: Studi Revitalisasi Pasar Piyungan Bantul. Jurnal PMI, 10(2), 63-78.

Moleong, L. J. (2005). Metode Penulisan Kualitatif. Bandung: Rosda.

Wicaksono, G., & Nuvriasari, A. (2012). Meningkatkan kinerja umkm industri kreatif melalui pengembangan kewirausahaan dan orientasi pasar: Kajian pada peran serta wirausaha wanita di kecamatan moyudan, kabupaten sleman, propinsi diy. Jurnal SosioHumaniora, 3(4).

Pupu Saepul Rahmat. (2009). “Penelitian Kualitatif”. Equilibrium, 5(9), Januari –Juni 2009, 1-8.


Article Metrics

Abstract view : 445 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.