Implementasi Konsep Ramah Lingkungan Pada Fasilitas Pendidikan Sekolah Dasar Di Jakarta

Sultan Rasyid(1*), Muzaki Muzaki(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v2i2.10086

Abstract


Sekolah sebagai institusi pendidikan merupakan salah satu target utama yang dilibatkan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui implementasi dalam menerapkan konsep ramah lingkungan pada fasilitas pendidikan. Implementasi konsep ramah lingkungan pada dasarnya telah dikembangkan oleh berbagai sekolah yang lebih populer dengan istilah green school. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan responden yaitu 30 orang kepala SD negeri dan 30 orang kepala SD swasta di Jakarta. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner, pengamatan langsung dan dokumentasi ke sekolah yang bersangkutan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah 1). Tingkat keberhasilan implementasi konsep ramah lingkungan pada fasilitas pendidikan SD di Jakarta termasuk dalam kategori tinggi, baik untuk ketersediaan maupun peningkatan kualitas. 2) Tidak ada perbedaan tingkat keberhasilan implementasi konsep ramah lingkungan pada fasilitas pendidikan Sekolah Dasar di Jakarta antara SD negeri dan SD swasta.

 


Keywords


Implementasi; Ramah Lingkungan; Pendidikan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 171 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

Environmental Education Postgraduate Program

Universitas Negeri Makassar

Jl.Bonto Langkasa Gunungsari Makassar 90222

Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD ruang Prodi PKLH Lt.1,Indonesia

Email : uej@unm.ac.id, dan uej.pklhunm@gmail.com

Hp. +62 812-4283-204 (an. Nurlita Pertiwi) & +62 8563-605-097 (an. Muzaki)

ISSN : 2599-2902 (Online)

ISSN : 2598-6090 (Print)

UNM Environmental Journals is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

UNM Environmental Journals Indexed by