Pemanfaatan Bahan Ajar Berwawasan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMK Negeri 4 Jeneponto

Alamsyah Alamsyah(1*), Risma Haris(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Indonesia Timur
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/uej.v2i2.10084

Abstract


ABSTRAK.Sekolah sebagai institusi pendidikan merupakan salah satu target utama yang dilibatkan Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pemanfaatan bahan ajar berwawasan lingkungan dapat meningkatkan sikap dan pengetahuan lingkungan peserta didik pada mata pelajaran fisika pokok bahasan usaha, energi, daya, dan efisiensi. Pelaksanaan pengembangan bahan ajar berwawasan lingkungan dan perlakuan dalam proses penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Jeneponto. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat pengembangan dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design.Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan bahan ajar berwawasan lingkungan dapat meningkatkan sikap dan pengetahuan lingkungan peserta didik dari sebelum perlakuan (treatment) dilaksanakan. Perolehan nilai rata-rata sikap lingkungan adalah 73.8 dengan skor indeks N-gain yaitu 0.4 berada dalam kategori sedang. Penilaian pengetahuan lingkungan peserta didik juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 77.1 dan indeks N-gain 0.5 dalam kategori sedang.


ABSTRAC. This research was conducted to find out the use of environmentally sound teaching materials can improve the attitude and knowledge of the environment of students in physics subjects the subject matter of business, energy, power, and efficiency. The implementation of the development of environmentally sound teaching materials and treatment in the research process was carried out at SMK Negeri 4 Jeneponto. This study includes the development of quantitative research with the design used in this study is One Group Pretest-Posttest Design. The results of this study indicate the use of environmentally friendly teaching materials can improve the attitude and knowledge of the environment of students from before treatment (treatment) is done. The average score for environmental attitudes is 73.8 with a N-gain index score of 0.4 in the medium category. The assessment of students' environmental knowledge also increases with an average value of 77.1 and an N-gain index of 0.5 in the medium category.


Keywords


environmentally friendly teaching materials; environmental attitudes; environmental knowledge.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.