ANALISIS KUALITAS SOAL MATEMATIKA UJIAN SEKOLAH KELAS XII IPA SMA NEGERI DI WATANSOPPENG BERDASARKAN TEORI RESPON BUTIR
(1) SMA Negeri 1 Donri-Donri, Watasoppeng
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiken, Lewis R. 1994. Psychological Testing and Assessment. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Ali, M.S. & Khaeruddin. 2012. Evaluasi pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Anastasi, Anne and Urbina, Susana. 1997. Psichological Testing (Seventh Edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arjuna. 2013. Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah/Madrasah Mata Pelajaran Matematika Kabupaten Soppeng Berdasarkan Teori Klasik. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar : Program Pascasarjana UNM.
Asmin. 2004. Implementasi Teori Responsi Butir dan Fungsi Informasi Butir Tes dalam Pengujian Hasil Belajar Akhir di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, X (48): 234-245.
Azwar, S. 2010. Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Crocker, Linda, & Algina, James. 1986. Introduction to classical and modern test theory. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Darnius, O. 2002. Aplikasi Software R dalam Analisis Regresi. USU Digital Library.
Daryanto, 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali & Muljono, P. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Hambleton, Ronald K; Swaminathan, H; dan Jane Rogers, H. 1991. Fundamentals of Item Response Theory. London: SagePublications.
Hullin, C. et al. 1983. Item Respons Theory: Aplication to Psychological Measurement Homewood, IL: Dow Jones-Irwin.
Kurniawan, E. & Mutaqimah, E. 2010. Penilaian. Jakarta: Direktorat jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa. Kementrian Pendidikan Nasional.
Kusaeri & Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lord, Frederick, M.1990. Aplications of Item Response Theory to Practical Testing Problems. New Jersey: LawrenceErlbaum Associates, Publishers.
Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. 2009. Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Mardapi, Djemari. 1991. Konsep dasar teori respons butir: Perkembangan dalam pengukuran pendidikan. Cakarawala Pendidikan 3(X). 1-16.
Mardapi, Djemari. 2012. Pengukuran, Penilaian, & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Naga, D.S. 1992. Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.
Nurhadi, Suwardi. 2010. Evaluasi Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan, Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 4 Tahun 2010 tentang Ujian Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2009/2010
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 5 Tahun 2015
Purwanto. 2018. Evaluasi Hasil Belajar. Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, N. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riwidikdo, H. 2009. Statistik Terapan dengan Program R (Open Source). Yogyakarta: M-Press.
Ruslan. 2009. “Validitas Isi”. Buletin Pa’biritta No. 10 Tahun VI September 2009. Makassar: LPMP Sulawesi Selatan.
Setiawan. 2014. Analisis Dan Simulasi Dengan Program Win-Gen (Strategi Dalam Mengkonstruk Instrumen Soal). Majalah Ilmiah Pawiyatan Volume XXI Nomor 1.
Shabir, A. 2014. Analisis Kualitas Soal Try-Out Bahasa Inggris SMP di Kota Makassar. Makassar: PPs UNM. Tidak Diterbitkan.
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudaryono. 2013. Teori Responsi Butir. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.
Surapranata, Sumarna. 2004, Analisis, Validitas, Reliabilitas Dan Interpretasi Hasil Tes, Rosdakarya: Bandung.
Suwarto, 2005. Pengaruh Ukuran Sampel dan Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan Jilid 14 Nomor 2.
Widoyoko, E.P. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran; Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidikan. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
Article Metrics
Abstract view : 1026 times | PDF view : 164 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.