Efektivitas Pelatihan Manajemen Stres berbasis IOI (Individual-Organizational Interface) pada Guru

Andika Windiyanto(1*), Nur Ainy Fardana Nawangsari(2),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Profesi seorang guru merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki beban dan tanggung jawab yang besar. Guru juga menjadi komponen yang berpengaruh pada terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Guru dituntut untuk dapat lebih kreatif, inovatif, memiliki kompetensi dan profesi kerja guru secara profesional. Namun permasalahan yang ditemui di dalam negeri terkait guru adalah peningkatan tuntutan kepada guru tetapi kemampuan guru untuk beradaptasi atau melakukan coping sebagai upaya menghadapi berbagai tuntutan yang terus berkembang cenderung kurang menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan. Profesi sebagi guru tentu saja tidak kebal dari stres. Stres pada guru didefinisikan sebagai pengalaman emosi negatif yang tidak menyenangkan, seperti anger, anxiety, frustasi atau depresi yang dihasilkan dari beberapa aspek pekerjaan sebagai guru (Kyriacou, 2011). Ketika guru menghadapi stres pada tingkatan tinggi, dapat berdampak pada kemampuan dan performa yang dimilkinya. Performa yang ditunjukan oleh guru akan berdampak langsung terhadap proses pembelajaran dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan manajemen stres berbasis IOI untuk mengurangi tingkat stres pada guru. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental research dengan one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala PSS-10. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Matched-Pair Signed-Rank (2-Samples) menggunakan bantuan  IBM SPSS 23 for windows.  Hasil analisis data menunjukkan nilai Sig.= 0.00. yang berarti terdapat perbedaan rerata skor antara hasil pretest dan posttest. Subyek penelitian menunjukkan penurunan skor PSS dan penurunan tingkat kategori stres setelah intervensi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelatihan manajemen stres berbasis IOI efektif untuk menurunkan tingkat stres pada guru.

 

Kata Kunci: Stres; Guru; Pelatihan.

 


Full Text:

PDF

References


Boyle, G. J., & Borg, M. G. (1995). A structural model of the dimension of teacher stress. British Journal of Educational Psychology, 49-67.

Cecil, M. A., & Forman, S. G. (1990). Effects of Stress Inoculation Training and Coworker Support Groups on Teachers’ Stress. Journal of School Pyschology, 105-118.

Cohen, S., Kamarck, T., and Mermelstein, R. (1983). A global measure of perceived stress. Journal of Health and Social Behavior, 24, 386-396

Compton, R. H., 2013. Factors That Influence Burnout Among South Carolina’s Special Education Teachers. Disertasi. Submitted To Northcentral University.

Emery, Debra Walker, "Crisis in Education: A Call to ACT" (2011). Dissertation. 426. https://irl.umsl.edu/dissertation/426.

Greenberg, Jerrold S. (2011). Comprehensive Stress Management. New York:McGraw-Hill

Ivancevich, J. M., Matteson, M. T., Freedman, S. M., & Phillips, J. S. (1990). Worksite stress management interventions. American Psychologist, 45. 252–261.

Jesus, S. N., & Conboy, J., (2001) A Stres Management Course To Prevent Teacher Distres. The International Journal Of Educational Management; 2001; 15, 3

Kyriacou, C. (2011). Teacher stress: From prevalence to resilience. In J. Langan-Fox & C. L. Cooper (Eds.), Handbook of stress in the occupations 161–176. Northampton, MA: Edward Elgar Publishing.

Lazarus, R. S. (1993). Coping theory and research: Past, present, and future. Fifty years of the research and theory of RS Lazarus: An analysis of historical and perennial issues, 366-388.

Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York Springer.

Musyafa, 2018. Bupati Rembang: 70 Persen Guru Di Jateng Stres. Diakses pada 7 November 2020 [online] Dari Https://Kbr.Id/Nusantara/072018/Bupati_Rembang__70__Persen_Guru_Di_Jateng_Stres/96619.Html

Quick, J. C., Wright, T. A., Adkins, J. A., Nelson, D. L., & Quick, J. D. (2013). Preventive Stress Management in Organizations. Washington: American Psychological Association.

Randall, R., & Travers, C. (2017). Individual-Organizational Interface (IOI) Interventions to Address Educator Stress. In T. M. McIntyre, S. E. McIntyre, & D. J. Francis, Educator Stress : An Occupational Health Perspective (347-268). USA: Springer International Publishing.

Walker, Sharon Derks. (2017). The Effect of Mindfulness Training on Teacher Perception of Stress and Teacher Self-efficacy. Dissertation. http://pqdtopen.proquest.com/#viewpdf?dispub=10757181


Article Metrics

Abstract view : 343 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.