Penguatan Self-Care dalam Mengurangi Rasa Boredom Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring
(1) Fakultas Pendidikan Psikologi,Universitas Negeri Malang
(2) Fakultas Pendidikan Psikologi,Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self-care dalam mengurangi rasa stress pada mahasiswa selama pembelajaran daring.Jenis penelitian yang akan digunakan adalah metode survie tentang pengalaman mahasiswa dalam mengikuti kuliah daring atau pembelajaran daring dengan menggunakan kuisoner melalui google form yang akan disertai urain metode penelitian.Gambaran hasil penelitian akan dimenggunakan diagram serta hasil kuisoner yang akan dilakukan dan implikasinya.Berikut hasil dari survie yang saya lakukan dengan 33 mahasiswa berbeda universitas. Hasilnya ada 87,9% (29 orang) merasa bosan selama pembelajaran daring dan 9.1% (3 orang ) merasa tidak bosan selama pembelajaran daring. Jadi,selama pembelajaran daring sebanyak 29 mahasiswa merasakan bosan selama menghadapi kuliah online ini.
Kata Kunci: Boredom 1; Support social System 2; Self-care 3.
Full Text:
PDFReferences
Dari 5 Tipe Kebosanan ini,Anda Termasuk yang Mana?. (“https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2419573/dari-5-tipe-kebosanan-ini-anda-termasuk-yang-mana” 2013 )
Giorgi.A .What is boredom? (“https://www.healthline.com/health/boredom”. 2017)
The Huffington Post. Apathetic Boredom,Fifth Type Of Boredom,Identified By Researchers.(“ https://www.psychologicalscience.org/news/apathetic-boredom-fifth-type-of-boredom-identified-by-researchers.html “.2013)
Annisa.Pentingnya Self-Care dan Self-Love untuk Kesehatan Mental .( “https://student.binus.ac.id/2020/10/pentingnya-self-care-dan-self-love-untuk-kesehatan-mental/ “.2020)
Ormorod Jeanne.Ellis.( 2008).Eductional Psychology:Developing Learners,6th Edition .University of Northern Colorado (Emerita ).
Article Metrics
Abstract view : 910 times | PDF view : 160 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.