MENINGKATKAN KEBAHAGIAAN LANSIA DI PANTI WERDHA DENGAN BERMAIN PUZZLE DAN SHARING SESSION

Nur Syamsu Ismail(1*), Nirwana Permatasari(2), Istiana Tajuddin(3), Tenriwali Ridha Rahmah(4), Andi Siti Irfah Maulidya(5),

(1) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(2) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(3) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(4) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(5) Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kebahagiaan merupakan kepuasan hidup yang dicapai individu yang ditinjau dengan pemenuhan kebutuhan, baik itu kebutuhan fisik maupun psikis. Setiap orang memiliki kebutuhan hidup begitu pula dengan Lansia agar Lansia tersebut dapat hidup sejahtera. Namun berbeda dengan Lansia yang hidup di Panti Werdha yang mengalami masalah emosional sehingga tingkat kebahagiaan merka menurun. Oleh karena itu, pemberian permainan puzzle dan sharing session dilakukan sebagai bentuk intervensi kebahagiaan pada Lansia yang tinggal di Panti Werdha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kebahagiaan antara Lansia di Panti Werdha yang diberikan intervensi berupa bermain puzzle dan sharing session dengan Lansia di Panti Werdha yang tidak diberikan intervensi bermain puzzle dan sharing session. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan Ryff’s Scale Of Psychological Well-Being (RPWB) yang diberikan sebelum dan setelah pemberian intervensi. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney dan hasil penelitian menunjukkan bahwa lansia yang diberikan intervensi berupa bermain puzzle dan sharing session mengalami perubahan tingkat kebahagiaan yang positif sehingga terdapat perbedaan antara tingkat kebahagiaan lansia yang tidak diberikan intervensi dengan lansia yang diberikan intervensi.

 

Kata Kunci: Lansia, kebahagiaan, puzzle, sharing session.


Full Text:

PDF

References


Anam, C., & Diponegoro, M. (2008). Perbedaan Kebahagiaan Wanita Lansia Menurut Tempat Tinggalnya. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Boyd, D., & Bee, H. (2008). Life Span Development: fifth edition. America: Pearson International Edition.

Hakim, L., & Hartati, N. (2014). Sumber-sumber kebahagiaan Lansia ditinjau dalam dan luar tempat tinggal panti jompo. Jurnal RAP UNP, Vol. 5(1), 32-42

Hurlock,E.B.(1980). Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Papalia, Olds & Feldman. (2007). Cram 101 Textbook Outlines: human development 9th edition. America: Academic Internet Publishers Inc.

Papalia, Olds & Feldman. (2009). Human Development: Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Ryff, C.D. (1989). Happiness is Everything, or is it? Exploration on the Meaning of Psychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 57, No. 6, 1069-1081.

Santrock,J.W. (2006). Life-Span Development: perkembangan masa hidup. Jakarta : Erlangga.

Seligman, M. E. & Csikszentmihalyi, M. (2000). Positive Psychology: An Introduction. American Psychologist, pp. 1-14.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suri, R. (2010). Working with the elderly: An Axistential humanistic approach. Journal of Humanistic Psychology. 50(2), 175-186.


Article Metrics

Abstract view : 780 times | PDF view : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.