Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kontrol Diri Dengan Intensi Penggunaan Media Sosial Remaja Saat Pandemi Covid-19

Rafta Afiffah Azhari(1*), Ismiradewi Ismiradewi(2),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
(2) Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Banyak remaja di Indonesia menggunakan media sosial secara berlebihan terutama pada pandemic covid 19. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menurunkan motivasi terutama dalam mencapai prestasi belajar karena intensitas penggunaan media sosial yang berlebihan. Maka dari itu diperlukan kontrol diri untuk mengurangi intensi penggunaan media sosial agar mencapai prestasi yang membanggakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan kontrol diri dengan intensi penggunaan media sosial remaja saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisi regresi berganda dan kolerasi parsial. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Negeri Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan motivasi berprestasi dan kontrol diri dengan intensi penggunaan media sosial pada remaja; (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan intensi penggunaan media sosial; (3) terdapat hubungan yang negatif antara kontrol diri dengan intensi penggunaan media sosial. Intensi penggunaan media sosial yang tinggi sejalan dengan motivasi berprestasi siswa pada situasi pandemi covid-19 karena proses pembelajaran dialihkan secara daring sehingga, penggunaan media sosial menjadi lebih intens agar siswa tidak tertinggal informasi dalam proses pembelajaran dan dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Hal tersebut harus diiringi dengan kontrol diri yang tinggi untuk mengatur intensi penggunaan media sosial agar tidak berlebihan atau digunakan mendukung proses pembelajaran bukan hanya sebagai hiburan semata.

 

Kata kunci: Intensi penggunaan media sosial, Kontrol diri,  Motivasi berprestasi


Full Text:

PDF

References


Acocella, J. R., & Calhoun, J. F. 1990. Psychology of adjustment human relationship. New York: McGraw-Hill.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior: 2nd edition. New York: Open University Press.

Aprillia, A. D. (2019). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Media Sosial (Instagram) pada Remaja di SMA Harapan 1 Medan (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, Medan.

Ariyanti, H. (31 Maret 2018). 90 Persen anak muda di Indonesia gunakan internet untuk media sosial. Jakarta: Merdeka.com.

Asraf, N. A. (2018). Dampak media sosial terhadap peningkatan pelanggaran tata tertib di SMA Negeri Gowa (Tesis). Program Pascasarjana Universitas Negeri, Makassar.

Astuti, T. P., & Muna, R. F. (2014). Hubungan antara kontrol diri dengan Kecenderungan kecanduan media sosial pada remaja. Empati, 3(4), 481-491.

Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/10.1037/h0034845

Basya, S. Al. (2017). Hubungan antara pemanfaatan media sosial dengan motivasi belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Gorontalo (Skripsi). Fakultas Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (2007). The strength model of self-control. Current Directions in Psychological Science, 16(6), 351–355. Doi.org/10.1111/j.1467-8721.2007.00534.x.

Chantika, P. D., & Rahardjo, T. (2018). Hubungan intensitas penggunaan media sosial line dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Interaksi Online, 6(3), 1–12.

Firmansyah, A. (2019) Pemasaran produk dan merek planning dan strategy. Jakarta: Ebook.

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.Diunduh dari https://people.umass.edu/aizen/f&a1975.html. 12 Mei 2019.

Gufron, M., N. & Risnawati, S., R. (2016). Teori-teori psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz media.

Hurlock, E. B. (1972). Child Development mcgraw-Hill series in psychology. 1–495. New York: Mcgraw-hill series in psychology.

Indopos. (2020). Dampak pandemi covid-19, siswa terpaksa belajar dari rumah. Diunduh dari https://indopos.co.id/read/2020/08/05/245331/dampak-pandemi-covid-19-siswa-terpaksa-belajar-dari-rumah/. 5 Agustus 2020.

Irfan, M., Nursiah, S., & Rahayu, A. N. (2019). Pengaruh penggunaan media sosial (medsos) secara positif terhadap motivasi belajar siswa sd negeri perumnas kecamatan rappocini kota makassar. Publikasi pendidikan. Doi:org/10.26858/publikan.v9i3.10851.

King, L. A. (2014). The science of psychology: an appreciative view (3rd ed). New York: Mcgraw hill education.

Manumpil, B., Ismanto, A., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di sma negeri 9 manado. Jurnal keperawatan unsrat, 3(2), 112721.

McClelland, David. (1988). Human motivation. Inggris: Cambridge university press.

Nimda. (2012). Apa itu sosial media?. Retrieved dari http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/. 1 maret 2020.

Nuryani, E. (2014). Hubungan intensitas mengakses facebook dengan motivasi belajar siswa sma negeri 2 tenggarong seberang. Jurnal ilmu komunikasi, 2(3), 178-192.

Pranita, E. (11 Mei 2020). Diumumkan awal maret ahli virus corona masuk Indonesia dari januari. Jakarta: Kompas.com.

Rahman, J., & Kom, S. (2017). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Journal bagian informasi dan humas. Diunduh 12 Agustus 2020, dari https://kalsel. kemenag. go. id/files/file/artikelprakom/15162891659956. pdf.

Prastowo, A. (11 Januari 2014). Pengaruh Teknologi Ber-Smartphone Terhadap Remaja. Yogyakarta: Liputan6.

Sahid, H. M. (2020). Pengaruh media sosial “ whatsapp ” terhadap motivasi belajar mahasiswa di kabupaten bogor wilayah selatan. Jurnal teknik elektro dan vokasional, 06(02), 248–257, doi.org/10.24036/jtev.v6i2.109131%09.

Suryaningsih. (2015). Korelasi motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa kelas iv sekolah dasar se-gugus 4 kecamatan wates kabupaten kulon progo (Tesis). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Susanto, A. (2018) Bimbingan dan konseling di sekolah: konsep, teori dan aplikasinya. Jakarta: Prenamedia group. E-book.

WHO. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait corona virus. Diunduh dari https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public. 7 Januari 2021.


Article Metrics

Abstract view : 828 times | PDF view : 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.