Penerapan language Intervention Activities dalam meningkatkan kemampuan Bahasa ekspresif pada anak usia dini dengan gangguan bahasa

Evie Syalviana(1*), Emilia Mustary(2), Dwi Rezawidya(3),

(1) IAIN Sorong
(2) IAIN Sorong
(3) IAIN Pare-pare
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan language Intervention Activities dalam meningkatkan kemampuan Bahasa ekspresif pada anak usia dini yang mengalami gangguan bahasa. Subjek pada penelitian ini adalah anak TK usia 4 tahun yang mengalami gangguan Bahasa ekspresif (expressive language disorder). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian subjek tunggal (single case research atau single subject design) yang berfokus pada pemeriksaan terhadap perubahan perilaku seorang individu atau beberapa individu setelah diberikan treatment/perlakuan. Dalam penelitian ini ada empat tahap intervensi/perlakuan. Tahap 1 yaitu pengetahuan dan perancangan program. Tahap 2 keterampilan dan implementasi program, dan Tahap 3 monitoring program dan tahap 4 evaluasi program. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Bahasa ekspresif pada anak yang mengalami gangguan Bahasa melalui penerapan language Intervention Activities

 

Kata kunci : language Intervention Activities, Bahasa ekspresif, Gangguan Bahasa


Full Text:

PDF

References


Centre for Community Child Health (2006). Language problems. Practice resource section 1: introduction (only). Downloaded from www.rch.org.au/cch (online), diakses pada 29 Agustus 2014

Dewi, Made Ayu Sintya, I. Wayan Darsana, and Ida Bagus Gede Surya Abadi. "Penerapan Metode Tebak Kata Berbantuan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Lisan Anak Kelompok A TK Kumara Jaya Denpasar." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 3.1 ,2015

Mangunsong, F (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus: jilid kesatu. Jakarta: LPSP3 UI

Santrock, J.W. (2011). Psikologi pendidikan: edisi kedua. Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana

Sattler, J. M. 2002. Assesment of children behavioral and clinical applications fourth edition. Publiser, Inc: San Diego.

Spilliotopoulou (2009). Expressive language disorder and how it connects with mood and behaviour disorders; A guide for parents.University off Pittsburgh

The Nemours Foundation (2014). Speech language therapy. www.kidshealth.org (online), diakses pada 1 Oktober 2014

Turner, S., Pearson, D.W. (1999). Fast forWord language intervention program: four case studies. Texas journal of audiology and speech pathology, spring/summer vol.13.


Article Metrics

Abstract view : 536 times | PDF view : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.