Hubungan antara Kontrol Diri dan Harga Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya

Firli Andri Fidaiyu(1*), Wiwik Sulistiani(2), Dewi Mahastuti(3),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Hang Tuah
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Hang Tuah
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Hang Tuah
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya, (2) Hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya, (3) Hubungan kontrol diri dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan skala kontrol diri (15 aitem, α=0,869), skala harga diri (9 aitem, α=0,809), dan skala perilaku konsumtif (14 aitem, α=0,882). Subyek dalam penelitian ini sebanyak 89 mahasiswa putri Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hipotesis minor pertama diterima dengan nilai r= 0,668 (0,668>0,202) dan signifikansi 0,000<0,005, sumbangan efektif 44,6%. Hipotesis minor kedua diterima dengan nilai r= 0,313 (0,313>0,202) dan signifikansi 0,000<0,005, sumbangan efektif 9,8%. Hipotesis mayor diterima dengan nilai signifikan 0,000<0,05 dengan sumbangan efektif 45,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kontrol diri dan harga diri dengan perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Hasil penelitian dapat dijadikan referensi dalam mengatasi permasalahan perilaku konsumtif.

 

Kata Kunci: Kontrol diri, Harga diri, Perilaku konsumtif, Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, R., & Maryanti, S. 2014. Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul.

Anin, F. A., Rasimin, B. S., & Atamimi N. (2006). Hubungan Self-Monitoring dengan Imppulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja, Jurnal Psikologi. Vol 35. No 2. Hal 181-193.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Baumeister, R. F. (2002). Yielding to Temptation: Self‐Control Failure, Impulsive Purchasing, and Consumer Behavior. Journal of Consumer Research, 28(4), 670–676.

Baumister, R.F., Smart, L., & Boden, J.M. (1996). Relation of Theatened Egoistm to Voilance and Aggression: The darkside of High Self-Esteem. Psychological Review, 103,5-33

Chita, R.C., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan Antara Self-Control dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 3, Nomor 1, Januari-April 2015.

Engel, James F., Roger D Blackwell, dan Paul W Miniard. (1994). Perilaku Konsumen, Alih Bahasa Budiyanto, Jakarta: Binarupa Aksara.

Hadjali, H. R., Salimi, M., Nazari, M., & Ardestani, S. M. 2012. Exploring main factors affecting on impulse buying behaviors. Journal of American Science, 8(1):245-251. (ISSN: 1545-1003). http://www.americanscience.org.

Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2010) Consumer Behavior: Building Marketing Strategy.11th edition. McGraw-Hill, Irwin

Heni, S. A. (2013). Hubungan SMA IT antara Kontrol Diri dan Syukur dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Psikologi.

Mahrunnisya, D., Indriayu, M., & Wardani, D. K. (2018). Peer Conformity Through Money Attitudes Toward Adolescence’s Consumptive Behavior. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.163

Mangkunegara, A. P. (2012). Perilaku Konsumen. Bandung: PT Refika Aditama.

Mufarida, H. (2011) Perilaku Konsumen E-Commerce di Kalangan Remaja Urban (Studi Tentang Gaya Hidup dan Budaya Konsumtif di Kalangan Remaja Kota Surabaya dari Perspektif Cultural Study). Surabaya: Universitas Airlangga

Munandar, A.S. (2006). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Papalia, D. E, Olds, S.W & Feldman, R.T. (2009). Perkembangan Manusia (Edisi ke-2). Jakarta: Salemba Humanika.

Piaget, Jean, & Barbel Inhelder. (2010). Psikologi Anak. (Alih Bahasa: Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prasetyo, K. (2018). Dinamika Pasar dan Perkembangan Teknologi Dunia Maya. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/kanyaprasetyo/5bcda813c112fe671d726382/dinamika-pasar-dan-perkembangan-teknologi-dunia-maya?page=all Diakses tanggal 19 Januari 2021.

Rosenberg, Morris. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton, NJ: Princeton University Press.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Saraswati, D.A. (2016). Hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif mahasiswa terhadap produk bermerk. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen. (Alih Bahasa: Zulkifli Kasif). Jakarta: Indeks.

Sears, O., Freedman, L., & Peplau, A. (2004). Psikologi Sosial 2. Jakarta: Erlangga.

Sultan, A., Joiremen, J., & Sprott, D. (2012). Building consumer self-control: The effect of self-control exercises on impulse buying urges. Marketing Letters, 23(1), 61-72. Doi:10.007/s11002-011-9135-4.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High Self-Control Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Journal of Personality, 72(2), 271–324. doi:10.1111/j.0022-3506.2004.00263.x

Tashandra, N. (2018). 80 Persen Konsumen Belanja Online Orang Muda dan Wanita. Diambil dari website Kompas https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/155001820/80-persen-konsumen-belanja-online-orang-muda-dan-wanita. Diakses tanggal 19 Januari 2021

Tremblay, Amelie J. (2005). Impulse buying behavior: Impulse buying behavior among college students in the borderlands, ETD Collection for University of Texas, El Paso.

Wienaldi, D. (2017). Pengaruh Intensitas Mengakses Tokopedia.com terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Perempuan Surabaya. Skripsi. (tidak diterbitkan. Surabaya: Stikosa-AWS).


Article Metrics

Abstract view : 1669 times | PDF view : 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.