Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Gallery Walk pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sinjai

Maria Dina(1*),

(1) SDN 2 Sinjai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.13895

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas  X PHT 1 SD Negeri 2 . Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas V PHT 1SD Negeri 2 Sinjai  pada semester ganjil 2019/2020 yang berjumlah 27 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 62,93 dan standar deviasinya 11,035 selanjutnya pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 82,07 dan standar deviasinya 7,721. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 29,62%  dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 92,6%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF

References


Asyari dan Darwis. 2016. Filsafat Pendidikan Matematika Perspektif Islam. Bogor: Uika Press

Aunurrahman, 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dengo, 2018. “Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.No. 1.hlm. 43-44.

Fathurrohman dan Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Hafid, 2014. Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Alla Kabupaten Enrekang. UNM: Skripsi

Hanafiah dan Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Hikmawati, 2018. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers

Husamah, 2014. Pembelajaran Blended Learning. Jakarta: prestasi pustakaraya

Indahwati, 2017. “Meningkatkan Kemampuan Matematika Dengan Metode Pameran Berjalan Bagi Peserta Didik Kelas VIII.” Jurnal Inovasi Pembelajaran.No. 1.hlm. 522-523.

Kasmina dan Toali. 2013. Matematika. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Purwanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rusman, 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Grafindo persada.

Sibermen, 2004. Active Learning. Bandung: Penerbit Nusamedia

Suprijono, 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tiro, 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. : Andira Publisher


Article Metrics

Abstract view : 335 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PINISI :Journal of Teacher Professional



Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License