PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DITINJAU DARI MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA DI SMAN 18 GOWA
(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.32261
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talk Stick pada kelas X IPA (IPA) di SMAN 18 Gowa, (2) gambaran rata-rata hasil belajar matematika prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non-Example pada siswa kelas X IPA SMAN 18 Gowa, (3) apakah ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talk Stick dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non-Example pada siswa kelas X IPA di SMAN 18 Gowa, (4) apakah ada perbedaan yang signifikan skor prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas X IPA di SMAN 18 Gowa, dan (5) apakah ada interaksi model pembelajaran kooperatif dengan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA di SMAN 18 Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis varians dua arah (ANAVA) dilanjutkan dengan uji post hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talk Stick adalah 88,7 dari nilai ideal 100 dengan kategori sangat tinggi, (2) rata-rata prestasi belajar matematika siswa. dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non-Example adalah 87,6 dari nilai ideal 100 dengan kategori sangat tinggi, (3) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talk Stick dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talk Stick. Model pembelajaran kooperatif tipe Example Non-Example dengan signifikansi 0,392, (4) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah dengan signifikansi 0,001. Selisih rata-rata antara motivasi belajar tinggi dan motivasi rendah adalah 14,229 pada taraf signifikansi 0,05 dengan interval 6,89 hingga 21,57, motivasi sedang dengan motivasi rendah sebesar 9 pada taraf signifikansi 0,05 dengan interval 3,66 hingga 14,34, dan (5 ) tidak terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif dengan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA di SMAN 18 Gowa dengan signifikansi 0,306.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Zubaidah. & Risnawati, 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Manullang, S. 2017. Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Rasyid, Harun & Mansur. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Wacana Prima
Ruslan. 2009. “Buletin Pa’birita”. No. 10 Tahun VI September.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sari, Nurmalita, dkk. 2018 . Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 3, Nomor 1
Šarūnė, Magelinskaitė., Albina, Kepalaitė., Visvaldas, Legkauskas. 2014. Relationship Between Social Competence, Learning Motivation, And School Anxiety In Primary School. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 116: 2936 – 2940
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNYPress
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.
Sumantri & Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group
Syafaruddin. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tarja-Riitta Hurme. 2005. ” Students’’ Activity In Computer-Supported Collaborative Problem Solving In Mathematics ” International Journal of Computers for Mathematical Learning, 10: 49–73
Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Tiro, Arif. 2008. Dasar-Dasar Statistika.Makassar: Andira Publisher
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Widyoko,S. 2009. Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Wulandari, R. & Istiqomah, 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Disertai Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3 No 1
Article Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nur Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License