PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III

Anik Wulandari(1*),

(1) SDN 1 SUGIHAN
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.27150

Abstract


Penelitian ini berdasarkan masalah yang terjadi dalam pembelajaran  di  kelas  III  SDN  1  SUGIHAN,  fokus  masalah  diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelas III SDN 1 SUGIHAN. Langkah penelitian sesuai dengan tahapan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.    Hasil    penelitian pada  siklus 1  di  kelas  3  SDN 1 Sugihan yang terdiri dari 10 anak diperoleh data 7 anak yang melampaui KKM (70%) langkah model PBL telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mencapai 80% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh data 80% langkah model PBL terlaksana dengan baik, dan di siklus 3 diperoleh data 90% siswa telah memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas III SDN 1 SUGIHAN. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas III SDN 1 SUGIHAN.


Keywords


Peningkatan,berpikir, Tinggi, problem,

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsismi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. SKKD Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Dwi Raharjo; Suyatno; dan Rahantari, Riska. 2020. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Bokoharjo , Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 1361-1373.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Natawijaya. 2011. Aktivitas Belajar. Diunduh melalui http://id.shvoong.com/social sciences/1961162-aktivitas-belajar/ (pada tanggal 28 September 2021, pukul 08.10

Winataputra. Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 423 times | PDF view : 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anik Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License