PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS I UPT SPF SD INPRES LAIKANG

Andi Nurhidaya H(1*),

(1) UPT SPF SD Inpres Laikang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.27068

Abstract


Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi covid-19. Penelitian ini difokuskan pada peserta didik kelas I UPT SPF SD Inpres Laikang dengan sampel berjumlah 15 orang pada materi Tematik Tema 8 Subtema 4 Pembelajaran 5 dengan muatan pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika dengan menerapkan pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengamati tingkat keberhasilan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran jarak jauh menggunakan Zoom Meeting. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif yang bersifat deskriptif. Secara teknis, keseluruhan kegiatan pembelajaran daring ini berlangsung dengan baik dan hasil tugas peserta didik melampaui nilai KKM dengan nilai KKM yakni 75.

Keywords


Peningkatan, siswa, kelas I.

Full Text:

PDF

References


Lismayana, L. 2019. Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya : Media Sahabat Cendekia.

Priyatna, Andri. 2013. Pahami Gaya Belajar Anak! : Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta : Gramedia.

Siahaan, Matdio. 2020. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) : Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. (1): 1 – 3. http://repository.ubharajaya.ac.id/4842/2/Jurnal%20PANDEMIC%20MATD IO% 20S.pdf

Siyoto, Sandu & Sodil, Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Setyo, A. A., Rathurahman, M. & Anwar, Z. 2020. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar: Yayasan Barcode.

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Sujana, A., Jayadinata, A. K. 2018. Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jawa Barat : UPI Sumedang Press.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Nurhidaya H

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License