PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA PADA KELAS II DI UPT SDN 1 SEREANG KAB. SIDENRENG RAPPANG

ARTATI TAHIR(1*),

(1) UPT SDN 1 SEREANG , SIDENRENG RAPPANG
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.27039

Abstract


kurangnya penerapan aktivitas kerja sama siswa selama proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor dari guru  yang masih menggunakan metode ceramah secara parsial dan faktor siswa itu sendiri yang masih belum biasa berperan aktif serta siswa cenderung hanya menerima informasi dari guru saja pada saat pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kerja sama dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas II UPT SD Negeri 1 Sereang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun ajaran 2020/2021 pada 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan tes. Hasil dari penelitian siklus I menunjukan hasil nilai kerja sama siswa pada siklus ini dikategorikan pada katagori (cukup baik). Sedangkan siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan untuk nilai kerja sama pada sisklus II ini dikategorikan ke dalam kategori (baik).

Keywords


Problem Based Learning (PBL), kerjasama, siswa

References


Darmawan.2010. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Iskandar. 2008.Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada. Jakarta.

Arikunto. Dkk. (2006) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, Imas. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto, (2010) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Perogresif. Jakarta: PT Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 248 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ARTATI TAHIR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License