PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Akhmad Mukhlisin(1*),

(1) SD Negeri Tembongwah 01
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26975

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI Semester I SD Negeri Tembongwah 01 Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2021/2022 pada muatan pelajaran IPA materi membuat magnet. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Tembongwah 01 dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada  muatan pelajaran IPA pada materi membuat magnet, keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 62,94. Setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,76 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,29.


Keywords


IPA, hasil belajar, project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Andita Putri Surya, Stefanus C. Relmasira, Agustina Tyas Asri Hardini. 2018 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga.(Jurnal Pesona Dasar Vol. (6 No. 1, April 2018: 41- 54). Universitas Syiah Kuala.

Eko Mulyadi. 2015. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. (Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 22 No. 4, Oktober 2015: 385-39).Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemdikbud. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdikbud

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.

Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Samatowa,Usman.2011.Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta.Indeks.

Zuhdan K. Prasetyo. (2013). Konsep Dasar Pendidikan IPA. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Haris, Abdul, Asep Jihad. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farid, M., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar - Dasar Teknik Digital di SMKN 2 Surabaya. Jurnal

Pendidikan Teknik Elektro, 02 (02), 737-743.

Ertanti, Dewi Wahyu, dan Halimatus Sakdiyah. (2017). Emotional Development

Strategy in Achievement of Student Learning Result 4th Grade in MIT Ar-Roihan Lawang. Vicrotina : Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2). 57 - 63.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Konsep Pendekatan Scientific Sejarah. Makalah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.

Asep Syamsul M. Romli. 2012. J urnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung. : Nuansa Cendikia

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya


Article Metrics

Abstract view : 1877 times | PDF view : 649 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Akhmad Mukhlisin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License