PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD NEGERI 137 MOLELENGKU

Aniswan Aniswan(1*),

(1) SD Negeri 137 Molelengku
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26477

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatam hasl belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 137 Molelengku Kec. Wotu Kab. Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan 24 siswa kelas IV. Hasil observasi rencana pembelajaran pada siklus 1 adalah 83,33%, dan siklus II adalah 95,35%. Pengamatan guru pada siklus 1 adalah 82,81 dan siklus II adalah 94,50. Sedangkan peningkatan aspek siswa pada siklus 1 adalah 82,81 dan siklus II adalah 92,70. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan adalah 81,25 hingga 92,04, dan pada aspek keterampilan rata-rata mendapat 83,71 hingga 91,01 Oleh karena itu, dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 137 Molelengku dari pembelajaran tematik terpadu.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL), Hasil Belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Alfianiawati, T, dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. 7(3), 1-10

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iasha. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2 No. 1). 17-36

Indrawati, Tin. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(1), 40-47.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Kusumah, Wijaya, dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Majid, Abdul. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmasari, Riana. 2016. Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,36(5), 3.456-3.465

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Zuryanty, dkk. 2019. Kesiapan Guru Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Studi Pada Sekolah Dasar Pilotting. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran SD, 3(1), 26-33.


Article Metrics

Abstract view : 138 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aniswan Aniswan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License