Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VA SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba
(1) SD Negeri Terang-Terang, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i1.24296
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jigsaw, serta meningkatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dan rasa sosial dalam membantu teman kelompoknya. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba dengan jumlah siswa 24 orang. Nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jigsaw pada siklus I adalah 63,375 berada dalam kategori tinggi dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 74,292% berada dalam kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 12 siswa atau 50,00% dari 24 siswa, dan pada siklus II sebesar 23 siswa atau 95,83% dari 24 siswa. Ini menandakan bahwa hasil belajar siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw mengalami peningkatan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1994. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwi, Hasan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Handayani. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jigsaw. Skripsi. Makassar:
FMIPA UNM.
Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.
Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.
Malang: Universitas Negeri Malang.
Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa- University
Press.
Nur, Muhammad.2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan
Kontstruktivis Dalam Pengajaran.Surabaya: Unesa-University Press.
Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK.
Malang: IKIP Malang.
Nurhayati. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif
Metode STAD. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM. Pasaribu. dkk. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Pinisi: Journal of Teacher Professional
Parera, Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Paddupai, Darwing. 1999. Eksponen vol. 1 no. 3. Makassar: FMIPA UNM.
Suharto, Bahar. 1997. Pendidikan dan Tekhnik Dalam Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Tarsito.
Suherman, Erman Dkk. 2003. Strategi pembelajaran Matematika kontenporer.
Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Article Metrics
Abstract view : 136 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Baba Baba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License