Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VA SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba

Baba Baba(1*),

(1) SD Negeri Terang-Terang, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i1.24296

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jigsaw, serta meningkatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dan rasa sosial dalam membantu teman kelompoknya. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba dengan jumlah siswa 24 orang. Nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jigsaw pada siklus I adalah 63,375 berada dalam kategori tinggi dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 74,292% berada dalam kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 12 siswa atau 50,00% dari 24 siswa, dan pada siklus II sebesar 23 siswa atau 95,83% dari 24 siswa. Ini menandakan bahwa hasil belajar siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw mengalami peningkatan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1994. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Alwi, Hasan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Handayani. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model

Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jigsaw. Skripsi. Makassar:

FMIPA UNM.

Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.

Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.

Malang: Universitas Negeri Malang.

Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa- University

Press.

Nur, Muhammad.2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan

Kontstruktivis Dalam Pengajaran.Surabaya: Unesa-University Press.

Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK.

Malang: IKIP Malang.

Nurhayati. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif

Metode STAD. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM. Pasaribu. dkk. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Pinisi: Journal of Teacher Professional

Parera, Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Paddupai, Darwing. 1999. Eksponen vol. 1 no. 3. Makassar: FMIPA UNM.

Suharto, Bahar. 1997. Pendidikan dan Tekhnik Dalam Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Tarsito.

Suherman, Erman Dkk. 2003. Strategi pembelajaran Matematika kontenporer.

Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Baba Baba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License