Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Siswa Kelas V B SD Negeri 41 Matekko Kabupaten Bulukumba

Nursiah Nursiah(1*),

(1) SD Negeri 41 Matekko, Kab.Bulukumba, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.23624

Abstract


Penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Siswa Kelas V B SD Negeri 41 Matekko Kabupaten Bulukumba yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa melalui pendekatan problem posing. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V B SD Negeri 41 Matekko Kabupaten Bulukumba pada Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: (1). Pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata kemampuan menyelesaikan masalah matematika adalah sebesar 69,75 dengan standar deviasi 6,400 dari skor ideal 100 dan berada pada kategori sedang, (2). Pada Siklus II, diperoleh skor rata-rata kemampuan menyelesaikan masalah matematika adalah sebesar 75,43 dengan standar deviasi 6,681 dari skor ideal 100 dan berada pada kategori tinggi. Hal ini menandakan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan masalah matematika berdasarkan rata-rata dari Siklus I ke Siklus II. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa Kelas V B SD Negeri 41 Matekko Kabupaten Bulukumba setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan problem posing.

Keywords


Matematika,problem posing, masalah

Full Text:

PDF

References


Balitbang Depdiknas. 2004. Rendahnya Kemampuan Matematika Siswa. Tersedia http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=18214&kat_id=151. Tanggal 24 Desember 2004.

Hasmawati. 2000. Keefektifan Metode Pemecahan Masalah pada Pengajaran Aritmetika Sosial Kelas I SLTP Negeri 2 Kabupaten Takalar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Handayani, Y. 2004. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Matematika melalui Pendekatan Problem Posing secara Berkelompok pada Siswa Kelas III SLTP Negeri 33 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ismail. 1998. Kapita Salekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Junaidi, S., Eko Siswono. 2002. Matematika 1 untuk SLTP Kelas 1. Surabaya: Erlangga.

Mulyati, S. 2001. Kemampuan Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang dalam Menyusun Soal pada Materi Konruensi Segitiga. Jurnal MIPA Matematika tahun 30. No. 1. Hal 45.

Nursalam. 2003. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Latihan Problem Posing pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III7 SLTP Negeri 20 Bulukumba. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Sahabuddin. 1999. Mengajar dan Belajar Dua Aspek dari Suatu Proses yang disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sudjatmiko, P. 2004. Matematika Kreatif Konsep dan Penerapannya. Solo: Tiga Serangkai.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suharta, I. 2000. Pengembangan Strategi Problem Posing dalam Pembelajaran Kalkulus Untuk Memperbaiki Kesalahan Konsepsi. Jurnal Matematika tahun VI. Nomor 2. Hal. 92.

Sukoriyanto. 2000. Langkah-langkah dalam Pengajaran Matematika dengan Menggunakan Penyelesaian Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya tahun VII. Nomor 2. Hal. 103.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nursiah Nursiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License