Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri 298 Cabalu Kabupaten Bulukumba Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Nurbuniati Nurbuniati(1*),

(1) SD Negeri No. 298 Cabalu, Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.23623

Abstract


Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan SosialSiswa V SD Negeri 298 Cabalu Kabupaten Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together).Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan SosialSiswa Kelas V SD Negeri 298 Cabalu Kabupaten Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together). Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Negeri 298 Cabalu Kabupaten Bulukumba sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Siswa Kelas V SD Negeri 298 Cabalu Kabupaten Bulukumba pada akhir siklus I 59,80 dengan kategori sedang, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 73,80 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas V SD Negeri 298 Cabalu Kabupaten Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas V SD Negeri 298 Cabalu Kabupaten Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together).

Keywords


Hasil, belajar, IPS,, kooperatif, NHT

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1987. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dimiyanti & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemem Penduidikan dan Kebudayaan.

Hasibuan, dkk, 1998. Proses Belajar (Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro). Remaja Karya CV : Bandung

Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ibrahim M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA.

Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Surabaya : CV. Citra Media.

Nur, Muhammad. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Universitas Negeri Surabaya

Nurjannah. 2004. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya : UNESA

Sahabuddin, 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar : UNM.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana, N. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Relajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suherman, Erman, H, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. JICA.

Uzer, Usman. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurbuniati Nurbuniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License