Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD Negeri No. 69 Anisia Kabupaten Bulukumba Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Megawati Megawati(1*),

(1) 1SD Negeri No. 69 Anisia Kabupaten Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.23622

Abstract


Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial padaSiswa Kelas V SD Negeri No. 69 Anisia Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial padaSiswa Kelas V SD Negeri No. 69 Anisia Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Negeri No. 69 Anisia Kabupaten Pangkep sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengejakan soal-soal secara berkelompok serta tes hasil belajar siswa  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat penguasaan materi ajar  Siswa Kelas V SD Negeri No. 69 Anisia Kabupaten Bulukumba pada tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata pada siklus I 59,80 dengan kategori sedang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,80 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas V SD Negeri No. 69 Anisia Kabupaten Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share

Keywords


Prestasi belajar, IPS,, kooperatif, TPS

Full Text:

PDF

References


Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Megawati Megawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License