PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 6 JENEPONTO KELAS X MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR PROSES PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Mansur Mansur(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v1i1.10985

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan metode discovery learning dapat peningkatan hasil belajar peserta didik dan mengetahui efektifitas penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 6 Jeneponto Kelas X APHP pada mata pelajaran dasar proses pengolahan hasil pertanian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta Didik SMK Negeri 6 Jeneponto Kelas X APHP yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 6 Jeneponto Kelas X. Peningkatan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 6 Jeneponto Kelas X APHP dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dan presentase ketutasan. Nilai rata-rata kelas adalah 33,75 pada keadaan awal, 66,25 pada siklus I dan 79,29 pada siklus II. Presentase ketuntasan adalah 0% pada keadaan awal, 46,43% pada siklus I dan 89,29% pada siklus II.

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Bruner, J.S. 1961. The Act of Discovery: Inquiry Techniques for Teaching Science. Prentice Hall, INC, Englewood Cliffts. New Jersey

Budiningsih. 2005. Model Discovery Learning. Pustaka Mandiri. Jakarta.

Duffy, G and Roehler, L. 1989. Improving Classroom Reading Instruction. Radom House. New York

Gagne, R.M. and Briggs, L.J. 1979. Principle of Instructional Design. Holt Rinehart and Winston. New York

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. 2003. Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, Prentice-Hall, Inc. New Jersey.

Nurulwati. 2000. Model-model Pembelajaran. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Onn-Seng, Tan. 2009. Problem-based Learning and Creativity. Cangage Learning Asia Pte Ltd. Singapure

Robert, B. 2003. An Introduction to Theories of Personality. Psychology Press. London.

Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta

Rusman. 2017. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Ghalia Indonesia. Bogor

Slavin, R. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Second Edition. Allyn and Bacon. Boston.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido Offset. Bandung

Sugihartono., Kartik, N.F., Farida, H., Farida A.S., dan Siti R.N. 2013. Psikologi Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Suwangsih, Erna dan Tiurlina. 2006. Model Pembelajaran Matematika. UPI. Press. Bandung.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Trilling, Bernie and Charles, F. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. John Wiley & Sons. New York.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional

Zainsyah, A.E. 1984. Model-model Belajar (Beberapa Alternatif Interaksi Belajar Mengajar. CV Diponegoro. Bandung


Article Metrics

Abstract view : 189 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PINISI :Journal of Teacher Professional



Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License