FENOMENA PEMBELAJARAN IPS DENGAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Fuad Guntara(1*), Sunarti Sunarti(2), Anwar Anwar(3), Hendra Hendra(4),

(1) IAIN Parepare
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v5i2.64213

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan untuk mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan Gadget terhadap perkembangan sosial peserta didik di MTs DDI Lero Kab Pinrang. Metode peneltian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian ialah guru IPS dan peserta didik. Adapun teknik analisis data menggunakan data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial peserta didik menunjukkan dampak positif termasuk peningkatan antusiasme belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam aktivitas pembelajaran. Namun, ada juga dampak negatif yang perlu diperhatikan, seperti potensi pengurangan kemampuan empati dan risiko akses yang tidak terkontrol ke konten yang tidak sesuai dengan proses pembelajaran.

Keywords


Fenomena Pembelajaran; Gadget; Perkembangan Sosial

Full Text:

PDF

References


Ajhuri, K. (2019). Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Al-Ayouby, M. H. (2020). Dampak penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung). (Jurnal Guru Membangun. Volume No.26)

Desmita. (2020). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dian Kurniawati. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. (Faculty of Education of Pahlawan Tuanku Tambusai; Educatif Journal).

Elan. (2018). Penggunaan Gadget dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. (Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 372-379.2018)

Kosasih, Djahiri A. (2018). Pengajaran Studi Sosial IPS. Bandung: LPPP IPS IKIP

Pangestu. (2021). Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.

Raban, B. (2018). International Encyclopedia of Education. (International Encyclopedia of Education, 75–80. doi:10.1016/B978-0-08- 044894-7.01185-4, 2018)

Rachmawati. (2018). Metode Pengembangan sosial emosional. Jakarta: Universitas Terbuka

Rismala, Yulita, dkk. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak. DOI: doi.org/10.56872/elathfal


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fuad Guntara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


              
 Office of Social Lanscape Journal: