PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DAN KEHIDUPAN SOSIAL KELAS VIII Di MTS ASSALAAM MATARAM TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hasim Asari(1*), Muh Zainurrahman(2), Emilia Fatriani(3),

(1) Universitas Islam Negeri Mataram
(2) Universitas Islam Negeri Mataram
(3) Universitas Islam Negeri Mataram
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v3i3.38376

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa dalam proses pembelajaran yang masih rendah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII yang tergolong masih rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran sosiodrama terhadap pemahaman belajar IPS siswa pada materi interaksi sosial dan kehidupan sosial dikelas VIII MTS Assalaam dan untuk mengetahui apakah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di MTs Assalaam Mataram.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Pengambilan  sampel dilakukan dengan menggunakan Materi rujukan kelas VIII Semester satu kurikulum K13. Sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yang terdiri dari 53 siswa yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan instrumen tes objektif berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran sosiodrama/bermain peran (role playing) mempunyai perbedaan yang signifikan. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kovariat (ANCOVA) dengan bantuan SPSS 22. Sebelum  dilakukan analisis kovarian terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan hasil uji ANCOVA pada aktivitas menunjukkan bahwa nilai sig yang diperoleh yaitu 0,002 sehingga 0,0020,05, sedangkan hasil analisis ANCOVA pada hasil belajar menunjukkan bahwa nilai sig. yang diperoleh yaitu 0,024 sehingga nilai sig. 0,0240,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman siswa dan hasil belajar.


Keywords


Metode sosiodrama, (role playing), Perbedaan hasil belajar dan Pemahaman belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Ating Somantri dan Sambas Ali Muhidin (2006) Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Latifa (2010) model-model Mengajar IPS“Sosiodrama pada Pembelajaran IPS sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa. Bandung: Alfabeta.

Mustika Setianingrum, Slamet Hariyadi, J.P. (2012) ‘“Pengaruh Model Pembelajaran Aktiif Card Sort dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2012/2013”, 2012’.

Ngalim, P. (2010) Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridwan (2014) Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sofian, A. (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif- Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Virus Siswa Kelas X MA Makala TP 2014-2015. UIN Mataram.

Sudjana, nana (2013) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2013) Statistik untuk Penelitian, (Bndung: Alfabet, 2013). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wingkel (2004) Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan,. Jakarta: PT. Gramedia.


Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hasim Asari, Muh Zainurrahman, Emilia Fatriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


              
 Office of Social Lanscape Journal: