Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19 SMPN 7 Alla

Baharuddin Baharuddin(1*), Syarifa Balkis(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v3i2.33865

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMP N 7 ALLA. 2). pengaruh dari peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMPN 7 ALLA Kecamatan Masalle. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari Peran guru (variabel X) DAN Motivasi Belajar (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 7 ALLA yang berjumlah 486 siswa dan ditarik menjadi sampel sebanyak 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Gambaran Peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMP N 7 ALLA. Maka data yang disajikan diperoleh dari pengisian angket dengan  butir pernyataan yang menggunakan skala likert dengan alternatif jawaban yaitu Sangat Setuju, Setuju, nertal, Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Perilaku peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid 19 berada pada kategori “Tinggi”,berdasarkan indikator motivator, pasilitator, adaftasi dan transformasi. 2) Pengaruh dari peran guru terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMPN 7 ALLA berada dalam kategori berada dalam kategori “Tinggi” berdasarkan indikator kebutuhan belajar, sikap, minat, nilai dan aspirasi. Berdasarkan kesimpulan Terdapat pengaruh yang Positif dan signifikan antara peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa  dengan kategori kuat. Diketahui hasil data melalui uji korelasi dengan menggunakan SPSS 26

Keywords


Peran guru; Motivasi Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Anunar rahman (2009). belajar dan Pembelajaran. Alfabeta Bandung.

Astuti, d. P. (2018). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iii di mi nahdlatul ulama terpadu sumbergempol tulungagung.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka. Djaman satori.

Gollakner, R., & Capua, I. (2020). Is COVID-19 the first pandemic that evolves

Heriyansyah, Heriyansyah. "Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah."

Hidayati, A., Mustaji, M., & Sugiharto, H. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Praktikum Model Problem Based Pada Pembelajaran IPS. The Indonesian Journal of Social Studies.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office.Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Khasanah, U. (2018). Peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII unggulan di MTs Roudlotun Nasyi’in Mojokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Covid-19.(2021). Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini.

Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2)

National Council for Social Studies (NCSS) (Supardi, 2011: 182)

Othman, N., & Omar, H. M. (2014). Beban tugas dan motivasi pengajaran guru di sekolah menengah daerah Ranau. Jurnal Pemikir Pendidikan.

Ratnawati, E. (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet

Sugiono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet-Ke 22.Bandung: Alfabeta

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar.

Syofian Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Cetakan ke-1. Jakarta: Prenadamedia Group.

UU Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Zulfiati, H. M. (2014). Peran dan fungsi guru sekolah dasar dalam memajukan dunia pendidikan.


Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: