Pengaruh Kekerasan Pada Anak (Child Abuse) Terhadap Pola Pikir Siswa Di Smp Negeri 25 Makassar

Nurul Annisa Asis(1*),

(1) Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i3.23773

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran kekerasan pada anak (child abuse) di SMP Negeri 25 Makassar 2) Gambaran pola pikir anak di SMP Negeri 25 Makassar 3) hubungan antara kekerasan pada anak dengan pola pikir siswa-siswi di SMP Negeri 25 Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari kekerasan pada anak (Variabel X) dan pola pikir (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 25 Makassar berjumlah 1082 siswa dan tingkat presisi yang digunakan sebesar 10%. Maka dari jumlah sampel adalah sebanyak 88 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Gambaran Kekerasan pada Anak (Child Abuse) di SMP Negeri 25 Makassar berada dalam kategori “sangat rendah” berdasarkan indikator kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan emosional. 2) Gambaran Pola Pikir Siswa di SMP Negeri 25 Makassar berada pada kategori “sedang” berdasarkan indikator Pola Pikir Tetap (Fixed Mindset) dan Pola Pikir Berkembang (Growth Mindset). 3) Hubungan antara Kekerasan pada Anak (Child Abuse) dengan Pola Pikir Siswa di SMP Negeri 25 Makassar “kuat”.

Keywords


Kekerasan anak; Pola pikir

Full Text:

PDF

References


Arifin. Yanuar. 2011. 100% bisa Selalu Berpikir Positif. Jogjakarta:Diva Press.

Asmani. J. M. 2009. The Law of Positive Thinking. Yogyakarta:Garailmu.

Darmolono, Wasi & Fawwaz, Hudalloh Abiel. 2002. Winning Mindset Visi Sukses Seorang Entrepreneur Muslim. Yogyakarta: Javalitera.

Deby, Priscika Putri. 2015. “Perbandingan Karakteristik Kekerasan Yang Terjadi Terhadap Anak di Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tegal”. Skripsi. Undip, Semarang.

Dweck, Carol.S. 2016. Mindset Mengerti Kekuatan Pola Pikir untuk Perubahan Besar Dalam Hidup Anda. Tanggerang Selatan: PT. Bentara Aksara Cahaya.

Elfiky. Ibrahim. 2010. Terapi Berpikir Positif. Jakarta:Zaman.

Eti, Rahmia. 2017. Erubahan Gaya Hidup, Pola Pikir dan Pergaulan Mahasiswa Simeulue di Banda Aceh”. Skripsi. UIN AR-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Indrawan, Rully & Yaniawati, R. Poppy. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Campuran. Bandung: PT. Refika Aditama.

KPPA. 2017. Mengakhiri Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Indonesia. Jakarta: KPPA.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Latipah, Eva. 2017. Psikologi Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oriza, Gustika. “Pola Pikir”. 11 Maret 2019. http://ogbelitong.blogspot.com/2011/11/pola-pikir.html.

Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Siti, Salmiah. 2009. Child Abuse.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sulaiman, M. Munandar & Homzah, Sitti. 2010. Kekerasan Terhadap Perempuan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suyanto, Baging. 2010. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana Predana Media.

Thalib, Syamsul Bahri. 2009. Psikologi Perilaku Kekerasan Berbasis Analisis Model Persamaan Struktural. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

UNICEF. 2014. Ending Violence Against Children : Six Strategies for Action

Uswatun, Hasanah & Santoso, Tri Raharjo. 2017. Penanganan Kekerasan Anak Berbasis Masyarakat. 6 (1), 81-82.


Article Metrics

Abstract view : 1267 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: