Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Hasil Tangkapan Ikan Pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar
(1) Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i2.23768
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran strategi pemasaran pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey dengan populasi berjumlah 150 orang, dan sampel berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) gambaran strategi pemasaran pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar berada pada kategori “sangat baik”, dillihat dari indikator produk, harga, tempat dan promosi (2) gambaran penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar berada pada kategori “baik”, dilihat dari indikator mencapai volume penjualan, mendapatkan laba, dan menunjang pertumbuhan usaha (3) adanya pengaruh positif antara strategi pemasaran terhadap penjualan hasil tangkapan ikan pada Pangkalan Pendaratan Ikan Paotere Makassar berada dalam kategori “sangat kuat” dan dengan besar pengaruh 66,5 % strategi pemasaran mempengaruhi penjualan hasil tangkapan ikan pada pangkalan pendaratan ikan Paotere Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andi,dkk. 2012. Panduan Praktis SPSS 20. Yogyakarta : Wahana komputer
Assauri, Sofyan. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1 Cetakan 15. Jakarta: Rajawali Pers
Amir, 2011. Pengaruh penjualan kredit terhadap likuiditas pada PT. Hadji Kalla di kota Makassar. Skripsi. UNM
Bungin, Burhan. M. 2013. Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi Format-format Kuantitaif dan Kualitatif. Jakarta : Prenamedia Group
Irawan dan basu swastha. 2008. Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta : liberty
Kotler Philip dan Gary Amstrong. 1999. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1 Edisi 3 Cetakan 2. Jakarta : Erlangga
Kotler Philip. 1991. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 2, Edisi 8. Jakarta : Erlangga
Noor, Juliansyah.2014. Metodologi Penelitian. Cetakan ke-1. Jakarta : Kencana
Nurlisah, 2018. Pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan lipaq saqbe pada malolo group kabupaten Polewali Mandardalam perspektif ekonomi islam. Skripsi.UIN Alauddin Makassar
Paulus, Kristianto lilik. 2002. Psikologi pemasaran. Jakarta: PT Buku Seru
Pengertian harga. Diakses pada tanggal 1 Januari 2020 jam 10.00 WITA
https://www.maxmonroe.com/vid/bisnis/pengertian-harga.html
Peter J. paul dan Jerry C. Olson. 1999. CONSUMEN BEHAVIOR : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 4 cetakan 1. Jakarta : Erlangga
Setyaningrum, Ari. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi I. Yogyakarta: Andi
Siregar, Syofian. 2013. Metode penelitian kuantitatif. Cetakan ke-1. Jakarta: Prenadamedia Grup
Sudijono.2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grapindo
Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan. Cetakan ke-6. Bandung: CV.Alfabeta
Susilowati sukma, 2015. Pengaruh konsumtif terhadap laba bersih sebelum pajak pada PT Bank SULSELBAR Cabang Utama Makassar. Skripsi. UNM
Undang-undang Republik Indonesia No.43 Tahun 2008 tentang wilayah Negara
Usman, husaini. 1995. Metodologi penelitian social. Jakarta : Bumi aksara
Wardaya Sri, Darmanto. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Deepublish
Wena, made. 2013. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta : Bumi aksara
Yanto, Pratiknyo Sidik. 2009. Dasar-dasar kewirausahaan. Cetakan 1. Jakarta pusat: Pt ikrar mandiri abadi
Article Metrics
Abstract view : 285 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal