Model Pendidikan Karakter (Studi Metode Halaqah) dalam Organisasi Massa Wahdah Islamiyah Makassar

Muhammad Fahriadi Azhari(1*),

(1) Pendidikan Sejarah dan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Makassar, Makassar.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i3.23764

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar. 2) Apa saja faktor determinan dalam menerapkan model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar. 3) Upaya dari penerapan model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif maka dalam penelitian ini peneliti mengamati dan berinteraksi dengan pengurus DPP Wahdah Islamiyah dan objek penerapan model pendidikan karakter dalam ormas Wahdah Islamiyah baik berupa siswa, mahasiswa dan masyarakat umum yang terlibat didalamnya. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriftif kualitatif. Hasil penelitian, dapat diketahui bahwa: 1) Gambaran model pendidikan karakter dalam organisasi massa Wahdah Islamiyah Makassar yaitu metode halaqah (kelompok lingkaran), adanya marhalah (tingkatan), adanya kurikulum yang diatur, jumlah peserta terbatas, waktu yang fleksibel, rutin/bersifat intensif. (2) Faktor determinan dalam menerapkan model pendidikan karakter yaitu pendidik/disebut murabbi, peserta didik/mutarabbi, tujuan pendidikan, alat pendidikan, lingkungan pendidikan. (3) Upaya dari penerapan model pendidikan karakter dilakukan dengan cara dakwah umum dan dakwah khusus. Dakwah umum dengan kegiatan seperti tabligh akbar, pengajian, daurah-daurah yang diadakan dan sejenisnya dilaksanakan di masyarakat di masjid dan lewat syiar media sosial, termasuk dengan sosialisasi yang sifatnya individu, orang per orang, serta penawaran-penawaran resmi misalnya ke sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan instansi. adapun dakwah khusus dengan cara melaukan yang namanya dakwah fardhiyah yaitu dakwah secara pribadi ke orang lain dengan mengajaknya untuk kemudian ikut belajar islam secara intensif

Keywords


Model Pendidikan; Halaqah; Wahdah Islamiyah

Full Text:

PDF

References


Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Ahmad Khotibul Umam. 2014. Model Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa SMK Al-Ma’rif Demak Tahun Pelajaran 2013-2014.

Al-Hafidz Ibnu Hajar. Kitab Al-Jami’. Makassar. Bin Mahdin Group

Anshari. 2018. Motivasi Dakwah & Tarbiyah: Mengembalikan Spirit Dakwah dan Tarbiyah Solusi untuk Problematika Ummat. Yogyakarta: Phoenix Publisher

A. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group

Beny. 2008. Skripsi tentang model pendidikan halaqah wahdah islamiyah Makassar. Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

DPP Wahdah Islamiyah. 2012. Panduan & Mawad Tarbiyah Ta’rifiyah. Makassar: Tim Penulis Departemen Kaderisasi

Imam Gunawan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Irfiani Triastari. 2016. Skripsi tentang Peran Tarbiyah Islamiyah Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassa.

Muhammad Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group

Muhammad Saleh Tajuddin. 2013. Pemikiran dan Gerakan Politik Organisasi Wahdah Islamiyah (WI) di Sulawesi Selatan. Al-Fikr. I, Volume 17

Pusat Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Pupuh Fathurrohman, AA suryana, Fenny Fatriany. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama

Raharjo. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnaldikbud. XVI

Ridwan Abdullah Sani & Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Satria Hadi Lubis. 2011. Menggairakan Perjalanan Halakah: Kiat Agar Halakah Lebih Dahsyat Full Manfaat. Yogyakarta: Pro U Media

Solikhin Abu Izzuddin. 2013. New Quantum Tarbiyah. Yogyakarta: Pro-u Media

Sulaiman Saat. 2015. Faktor-faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Undang-undang Dasar Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yusuf Al Basit. 2015. Skripsi tentang Pendidikan Karakter dengan Metode Halaqah di Organisasi Masyarakat Wahdah Islamiyah Kota Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 302 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: