Pengembangan Perangkat Pembelajaran Guru Pada Kompetensi Sikap Spiritual Dan Sosial Di Smp Negeri 1 Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara

M Dahlia(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i2.23646

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Bagaimana bentuk pengembangan perangkat pembelajaran guru pada kompetensi sikap spritual dan sosial di SMP Negeri 1 Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (2) Kendala apa yang dihadapi dalam pengembangan perangkat pembelajaran guru pada kompetensi sikap spritual dan sosial di SMP Negeri 1 Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian kualitatif deskriptif yang dalam prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk pengembangan perangkat pembelajaran guru pada kompetensi sikap spiritual dan sosial dapat kita ketahui bahwa sikap spiritual dan sosial dalam proses pembelajaran guru dapat mengintegrasikan kedua sikap ini, karena pada dasarnya sudah ada diterapkan dalam pembuatan RPP pada bagian isi, Pendahuluan dan penutup (2) Kendala apa yang dihadapi dalam pengembangan perangkat pembelajaran guru pada kompetensi sikap spritual dan sosial dapat kita ketahui bahwa kendala guru yang di hadapi yaitu pembuatan RPP yang secara MGMP dan tidak secara mandiri.


Keywords


perangkat pembelajaran guru, pengembangan perangkat,

References


Arum Mawar Kinasi. 2017. Problematika Guru dalam Penyususnan Perangkat Pembelajaran SD Muhammadiyyah 14 Surakarta.Surakarta.: Universitas Muhammadiyyah Surakarta. (Skripsi).

Hasrawati. 2017. Analisis perangkat pembelajaran tematik guru SD Negeri 252 Sapiri Kecematan Kajang Kabupaten Bulukumba. Alauddin. UIN Alauddin Makassar. (Skripsi).

Akbar Sa’dun. 2013. Instrument perangkat pembelajaran . Cetakan ke-1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hal. 2.

Dantes Nyoman. 2012. Metodologi Penelitian. Yokyakarta: C. V ANDI. Hal. 51.

Fathurrohman Pupuh, Dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Cetakan ke-1. Bandung; PT Refika Aditama. Hal. 79.

Nurdin Syafaruddin & Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan ke-2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal. 49-50.

Pangewa Maharuddin. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Rachman Huriah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Bandung. ALFABETA cv. Hal. 13.

Saidah. 2016. Pengantar Pendidikan. Cetakan ke-1. Jakarta; PT Raja Grafindo.

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif R& D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta. Cetakan ke-1. PRENADAMEDIA GROUP. Hal. 315

Santoso Gempur. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka. Hal. 29

Yusuf Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan penelitian Gabungan. Jakarta: . Hal. 368.

Widyastono Herry. 2014.

Pengembangan Kurikulum diera Otonomi Daerah . Cetakan ke-1. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hal. 136-137.

Andi Pastowo. “Teknik Pengecekan Keabsahan Data dalam Penelitian Kualitatif”. 2 Februari 2019. http://dunia-penelitian.blogspot. Com/2011/12/teknik-pengecekan-keabsahan- data-dalam.html.

Ekamayangsafitri.“pengertian modul pembelajaran“. 10 Juli 2019. http://ekamayangsafitri.blogspot.com/2015/11/pengertian-modul-pembelajaran. html

endarta.“01 Oktober 2019.http://www. Analisis penilaian hasil belajar.msftconnecttest.com.2017/29/analisis-penilaian-hasil belajar-siswa. Html.

Neneng magfiro. “semua bentuk ketaatan kepada Allah disebut sikir“. 01 Oktober 2019.http://www. berbincangsyariah.com.2019/05.semua-bentuk-ketaatan-kepada-Allah-disebut-sikir. Html.


Article Metrics

Abstract view : 97 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: