RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI

Feri Padli(1*), Rusdi Rusdi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i3.14508

Abstract


Pandemi Wabah Covid 19 mengubah sistem pebelajaran menjadi distance learning atau sistem full daring. Sehingga situasi ini mengharuskan semua pihak mulai dari tenaga pengajar (guru) dan siswa beradaptasi menggunakan berbagai sistem pembelajaran yang tersedia dan diminati. Selain fasilitas tanyangan televisi (TVRI) dan siaran radio (RRI) pemerintah untuk semua jenjang sekolah di Indonesia, ada juga beberapa alternatif yang tersedia seperti Google Classroom, Aplikasi Video Conference (google meet, zoom, skype, webex dan sejenisnya), WhatsApp Group (WA). Karena fasilitas dari pemerintah untuk dibeberapa daerah masih tekendala signal akses, maka guru dan siswa lebih memilih tiga aplikasi alternatif tersebut. Tetapi pada implementasinya tetap ada beberapa kendala dari siswa dan guru itu sendiri. Mulai dari ketersediaan fasilitas internet, kuota data dan kemampuan guru sendiri yang belum familiar dengan aplikasi. Sehingga respon siswa pada metode pembelajaran daring ini cukup beragam. Dari hasil analisis penelitian ini menggambarkan perilaku siswa dalam pembelajaran daring cukup baik karena alasan proses pembelajaran yang lebih flexible dan tidak menyita banyak waktu. Namun untuk saat ini, siswa tetap lebih memilih belajar di sekolah daripada distance learning karena alasan terkendal fasilitas dan biaya serta kurangnya interaksi kelas.


Keywords


Respon Siswa; Pembelajaran; Online

Full Text:

PDF

References


Aliwanto. 2017. ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 3 No. 1

Miles, MB dan AM Huberman. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. SAGE. Bevwrly Hills

Triyono, Triyono. (2018). TEKNIK SAMPLING DALAM PENELITIAN. 10.13140/RG.2.2.19674.24003.

Imania, K,A,N dan Bariah, S,K. 2019. RANCANGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARINGJurnal PETIK Volume 5, Nomor 1.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.


Article Metrics

Abstract view : 7832 times | PDF view : 2095 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: