PERILAKU BULLYING SISWA DI SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Lea Indriani(1*), Dalilul Falihin(2), Muh. Said(3),

(1) Pendidikan IPS, FIS UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i2.13741

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,1) Bentuk-bentuk bullying; 2) Faktor-faktor bullying; 3) Solusi mengatasi bullying di SMP Negeri 23 Makassar. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Bentuk-bentuk bullying digolongkan kedalam tiga jenis yaitu bullying fisik, bullying verbal, dan bullying mental/psikologis. Bullying secara fisik merupakan perilaku yang menyakiti seseorang secara fisik yang dapat menyebabkan efek jangka pendek dan jangka panjang. Adapun bentuk-bentuk dari bullying fisik itu seperti : penamparan, penimpukan, menginjak kaki, menjegal, meludahi, memalak, melempar dengan barang, menghukum dengan berlari berkeliling lapangan, menghukum dengan cara push up. Bentuk kedua yaitu bullying verbal, kekerasan verbal adalah bentuk penindasan yang paling umum digunakan, baik oleh anak perempuan maupun anak laki-laki. Kekerasan verbal ini adalah intimidasi yang melibatkan kata-kata baik secara tertulis atau terucap. Perudungan secara verbal meliputi : menjuluki, meneriaki, mempermalukan didepan umum, menuduh, menyoraki, menebar gosip, memfitnah temannya. Bentuk ketiga yaitu bullying secara mental/psikologis jenis bullying yang paling berbahaya karena tidak tertangkap mata atau telinga jika tidak cukup awas mendeteksinya. Praktik bullying ini terjadi diam-diam dan diluar radar pemantauan kita adapun bentuk-bentuk bullying mental/psikologis meliputi : memandang sinis, memandang penuh ancaman, meneror lewat pesan pendek telepon genggam atau email, memandang yang merendahkan, memelototi, mencibir kawannya. 2) Faktor-faktor bullying terdiri dari lima faktor yaitu: faktor ekonomi, faktor keluarga, faktor sekolah, faktor sosial, dan faktor individu itu sendiri. 3) Solusi menangani bullying dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah pemahaman tentang pentingnya mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah. Adapun solusinya yaitu memahami mengapa siswa melakukan bullying, menyebarluaskan pengetahuan tentang dampak dari perilaku bullying, mengelolah bullying, guru mampu melakukan pendekatan secara khusus kepada siswa pelaku bullying dan siswa korban bullying.

Keywords


Perilaku; Bullying; Siswa

Full Text:

PDF

References


Arya Lutfy. 2018. Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah.Mojokerto.Sepilar

Blanco Jodee. 2012. Bencana Sekolah Memoar Mengejutkan, Menggugah, dan Menginspirasi tentang Bullying. Jakarta. Pustaka Alvabet

Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Edupost (2015) Riset ICRW: 84 persen Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah, diakses pada tanggal 08 Desember 2018 dari http: edupost.id/berita-pendidikan/riset-icrw-84-persen-anak-indonesia-alami-kekerasan-di-sekolah

Jurnal macam-macam perilaku, diakses pada tanggal 09 Desember 2018 dari http://sinta.unud.ac.id/uploads/dokumen_dir

Kurniawan Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Mar’at Samsunuwiyati, Indieningsih Kartono Lieke. 2010. Perilaku Manusia. Badan Penerbit PT Refika Aditama. Hal.1-2

Padmomartono Sumardjono. 2014. Konseling Remaja.Salatiga.Ombak

Rostanti Qommarria (2015), KPAI: Kasus Bullying di Sekolah Meningkat Selama 2015, diakses pada tanggal 08 Desember 2018 dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/12/30/o067zt280-kpai-kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-selama-2015

Salahudin Anas.2009.Bimbingan & Konseling.Bandung.Pustaka Setia

Usman Husaini, Setiady Akbar Purnomo. 2009. Metodologi Penelitian Sosial Edisi Kedua.Jakarta.Bumi Aksara

Usman Husaini, Setiady Akbar Purnomo. 2017. Metodologi Penelitian Sosial Edisi Ketiga.Bandung.Bumi Aksara

Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA).2008. Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Hal.2-5

Yuliani Mita. 2017. Dampak Perilaku Bullying Pada 2 Siswa Di SMP Pangudi Luhur 1 Klaten. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma (skripsi) Hal.16-17


Article Metrics

Abstract view : 1109 times | PDF view : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: