KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PEDAGAGNG PAKAIAN DI PASAR LIPPUJANGE KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE

Putri Disky Hamdianty(1*),

(1) Pendidikan IPS, FIS UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i1.13127

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan penyesuaian sosial yang terjadi pada anak kembar yang terkena perilaku sibling ryvalry di Kota Makassar , (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sibling ryvalry anak kembar di Kota Makassar. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan analisis statistik deskriptif. Hasilan penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan (1) Kemampuan penyesuaian sosial anak kembar di Kota Makassar berada pada kategori tinggi yang berarti baik. Aspek kemampuan penyesuaian sosial terdiri dari empat indikator yaitu penampilan nyata, kepuasan pribadi, penyesuaian diri terhadap kelompok dan sikap sosial. Dari keempat aspek tersebut, tiga diantaranya mampu dipenuhi oleh anak kembar di Kota Makassar. (2) Faktor yang mempengaruhi perilaku sibling ryvalry anak kembar di Kota Makassar ialah urutan kelahiran menjadi yang paling dominan yang berada pada kategori tinggi. Sementara sikap orang tua, jenis kelamin, perbedaan usia, pola asuh dan pengaruh orang luar berada pada kategori sedang. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan penyesuaian sosial anak kembar yang terkena perilaku sibling ryvalry tergolong tinggi yang berarti baik sehingga perlu dipertahankan atau dikembangkan lagi menjadi lebih baik karena memberi dampak postif bagi anak kembar

Keywords


Penyesuaian Sosial; Perilaku; Sibling Ryvalry

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bandur, Agustinus. 2016. Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO 11 Plus. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Borden, Marian Edelaman. 2009. Mengatasi Persaingan Kakak Beradik. Jakarta. PT Bhuana Ilmu Populer.

Citra, Ayu Triana. 2013. Dampak Sibling Ryvalry (Persaingan Anak Kandung) Pada Anak Usia Dini.Developmental and Clynical Pysicology. 2 (1). Hal. 34.

Dewi, Karisma Andam. 2016. Pola Pengasuhan Orang Tua Terahdap Anak Kembar di Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Semarang. Universitas Negeri Semarang (skripsi).

Fadillah, Na’fiatul. 2014. Hubungan Antara Penyesuaian Sosial Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (skripsi)

Gondo, Agnes Stefany. 2016. Pengaruh Sibling Rivalry Terhadap Efektifitas Komunikasi Interpersonal Pada Teman Sebaya. Malang.

Herdian. Wulandari, Dyah Astorini. 2014. Bentuk Perilaku Sibling Ryvalry Pada Anak Kembar Berdasarkan Pengasuhan Orang Tua. Physico Idea. 12 (2).

Kurniawan, Syamsul. 2013.Pendidikan Karakter. Yogyakarta.Ar-Ruz Media.

L, Zulkifli. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta : Kencana.Universitas Muhammadiyah Malang (Skripsi).

Mesiono, dkk. 2016.Hubungan Antara Favoritisme Orang Tua dan sibling Ryvalry dengan Harga Diri Remaja. Jurnal Tarbiyah. 23 (1). 176.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2013. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Ni’mah, Farichatun. 2016. Korelasi Attachment dengan Penyesuaian Sosial. Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (skripsi)

Sarwono, Sarlito W. 2015. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudarsono. 2004. Kenakalan Remaja. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Kalapagunung: PT. Refika Aditama.

Syarbaini, Syahrial. Rusdiyanta. 2009. Dasar-dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syukri Albani Nasution, Muhammad, dkk. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Rahmawati, Etika. 2013. Hubungan Antara Sibling Ryvalry dengan Kemampuan Penyesuaian Sosial Anak Usia Sekolah di SDN Cirendeu III. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Skripsi).

Syaputra, Agittara Akhbar. 2017. Hubungan Antara Penyesuaian Sosial Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP PGRI Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia. 01 (04). Hal. 2.

Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28B ayat 2 tentang pemenuhan hak anak.


Article Metrics

Abstract view : 151 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: