PENGARUH AKTIVITAS KERJA SAMBIL KULIAH TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(1) Pendidikan IPS FIS UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i1.12926
Abstract
Peneliti ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran aktivitas kerja sambil kuliah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (3) Untuk mengetahui apakah aktivitas kerja sambil kuliah berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 747 orang mahasiswa/mahasiswi, dan sampel berjumlah 35 orang mahasiswa/mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran aktivitas kerja sambil kuliah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada pada kategori “baik” dapat dilihat pada indicator yang dapat menunjang yaitu kerja ikhlas, kerja terhadap emosional, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas. (2) gambaran prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada pada kategori “cukup baik”, dapat dilihat pada indicator yang dapat menunjang yaitu prestasi akademik dan prestasi non akademik. (3) pengaruh aktivitas kerja sambil kuliah terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada pada kategori “sedang” dilihat dari mahasiswa yang aktivitas kerja sambil kuliah berpengaruh di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri MakassarKeywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran.Cetakan Ke-9.Bandung:Penerbitalfabeta.
Anonim, 2019. “Kuliah Sambil Kerja”. 10 januari 2019
Scholae.co/web/read/451/kuliah.sambil.kerja.tuntutan.ekonomi.
Lao, Fanda. "Bentuk-Bentuk Kerja
Lexy J. Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke-36.Bandung:Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Mardelina. "Pengaruh Kerja Part Time Terhadap Aktivitas Belajar Dan PrestasiAkademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta".10 Oktober 2018. Eprints. UNY
Misbahuddin, Iqbalhasan. 2013. Analisis Data Penelitian Denganstatistik.Cetakan Ke-1.Jakarta: Penerbit PT. Bumiaksara.
Sardiman, A.M. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajarmengajar. Cetakan: Ke-23. Jakarta: Penerbit PT. Rajagrafindopersada.
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Cetakanke-6.Jakarta: Penerbit PT. Asdi Mahestya.
Sondang, P. Siagian. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja.Cetakanke-2.Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Sugeng, Pujileksono, Mira, Wuryantari. 2009. Implementasi Teori, Teknikdanprinsip Pekerjaan Sosial. Cetakan Ke-1.Malang Jawatimur: Penerbit Intrans Publishing.
Sulchan, Yashin. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Cetakan Ke-1.Surabaya: Penerbit Amanah
Suwarso. "Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Kabupaten Jember Tahun 2017" 12 Oktober 2018. Jurnal Stie Mandala
Syahwana, Alim. “Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja”.10 januari 2018. www.kompasiana.com
Syaiful, Bahri Djamarah. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Cetakan Ke-2.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Syofian, Siregar. 2011.Statistika deskriptif untuk penelitian.Cetakan Ke-2.Jakarta: PT. Rajagrafindopersada
Syofian, Siregar. 2013. Metode Penelitia Kuantitatif.Cetakan Ke-1.Jakarta:Penerbit Kencana Prenada Media Group
Wulansari, dewi. 2009. Sosiologi (Konsep Dan Teori). Bandung: PT refika aditama.
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi penelitian sosial dan pendidikan: Jakarta. PT Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 491 times | PDF view : 29 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal