PENGARUH AKTIVITAS KERJA SAMBIL KULIAH TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Meilinda Auliya(1*),

(1) Pendidikan IPS FIS UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i1.12926

Abstract


Peneliti ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran aktivitas kerja sambil kuliah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (3) Untuk mengetahui apakah aktivitas kerja sambil kuliah berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 747 orang mahasiswa/mahasiswi, dan sampel berjumlah 35 orang mahasiswa/mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran aktivitas kerja sambil kuliah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada pada kategori “baik” dapat dilihat pada indicator yang dapat menunjang yaitu kerja ikhlas, kerja terhadap emosional, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas. (2) gambaran prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada pada kategori “cukup baik”, dapat dilihat pada indicator yang dapat menunjang yaitu prestasi akademik dan prestasi non akademik. (3) pengaruh aktivitas kerja sambil kuliah terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar berada pada kategori “sedang” dilihat dari mahasiswa yang aktivitas kerja sambil kuliah berpengaruh di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar

Keywords


aktivitas kerja; prestasi akademik

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran.Cetakan Ke-9.Bandung:Penerbitalfabeta.

Anonim, 2019. “Kuliah Sambil Kerja”. 10 januari 2019

Scholae.co/web/read/451/kuliah.sambil.kerja.tuntutan.ekonomi.

Lao, Fanda. "Bentuk-Bentuk Kerja

Lexy J. Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke-36.Bandung:Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Mardelina. "Pengaruh Kerja Part Time Terhadap Aktivitas Belajar Dan PrestasiAkademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta".10 Oktober 2018. Eprints. UNY

Misbahuddin, Iqbalhasan. 2013. Analisis Data Penelitian Denganstatistik.Cetakan Ke-1.Jakarta: Penerbit PT. Bumiaksara.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi Dan Motivasi Belajarmengajar. Cetakan: Ke-23. Jakarta: Penerbit PT. Rajagrafindopersada.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.Cetakanke-6.Jakarta: Penerbit PT. Asdi Mahestya.

Sondang, P. Siagian. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja.Cetakanke-2.Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Sugeng, Pujileksono, Mira, Wuryantari. 2009. Implementasi Teori, Teknikdanprinsip Pekerjaan Sosial. Cetakan Ke-1.Malang Jawatimur: Penerbit Intrans Publishing.

Sulchan, Yashin. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Cetakan Ke-1.Surabaya: Penerbit Amanah

Suwarso. "Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Kabupaten Jember Tahun 2017" 12 Oktober 2018. Jurnal Stie Mandala

Syahwana, Alim. “Mengatur Waktu Kuliah Sambil Bekerja”.10 januari 2018. www.kompasiana.com

Syaiful, Bahri Djamarah. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Cetakan Ke-2.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Syofian, Siregar. 2011.Statistika deskriptif untuk penelitian.Cetakan Ke-2.Jakarta: PT. Rajagrafindopersada

Syofian, Siregar. 2013. Metode Penelitia Kuantitatif.Cetakan Ke-1.Jakarta:Penerbit Kencana Prenada Media Group

Wulansari, dewi. 2009. Sosiologi (Konsep Dan Teori). Bandung: PT refika aditama.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi penelitian sosial dan pendidikan: Jakarta. PT Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 501 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: