PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS BAHASA BUGIS MELALUI MEDIA DI KABUPATEN SIDRAP

Indah Latto(1*), Suarni Syam Saguni(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Bugis Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Johar Amir dan Suarni Syam Saguni. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindaka kelas ini dilakukan dalam bentuk siklus yaitu siklus I, siklus II, dan sikluske-N Setiap siklus tersebut terdiri dari empat tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tiap iklus akan dilakukan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi Bugis pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kab.Sidrap. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII.2 sebagai subjek penelitian dengan berdasarkan pada kurang berhasilnya pembelajaran terutama pada aspek menulis puisi. 

Keywords


menulis, puisi, bahasa Bugis

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2009. PengantarApresiasiKarya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Baharuddin, Esa. (2007)TeoriBelajar dan Pembelajaran. Malang. Ar-Ruzz Media.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Fitri. (2018). PembelajaranMenulisPuisi Kelas VII SMP Negeri 2 PangkajeneKabupatenPangkep.

Herman J Waluyo. (2002). ApresiasiPuisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Indra Jaya Nauman. (2001).PenuntunMengenali. Memahami, dan MenghargaiPuisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jobrohim, dkk. 2009. Cara MenulisKreatifPuisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kusmana, S. (2014). KreativitasMenulis. Yogyakarta: Ombak.

Latuheru. J. D,. 1993. Media PembelajarandalamPengajaran Bahasa Indonesia. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Muliati Benda. (2017). KemampuanMenulisPuisiBebasSiswa Kelas VII Smp Negeri 1 PangsitKabupatenSidenrengRappang.

Luxembung, Jan Van. 1984. PengantarIlmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Pradopo, Djoko Rachmat. 2009. PengkajianPuisi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Syafruddin, Zainuddin. (2008). Aksara Lontara Makassar. Makassar: Pustaka Refleksi.

Supriyadi. (2006). Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumardjo, Jakob dan Saini. 1997. ApresiasiKesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saryono, (2009). PengantarApresiasi Sastra. Malang: Universitas Negeri Malang.

Taringan, Henry Guntur. (2008). MenulisSebagaiSuatuKeterampilanBerbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Teeuw. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Latto, Suarni Syam Saguni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License