ANALISIS TINDAK TUTUR IMPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH SMP NEGERI 1 TAROWANG

Anindia Dila Lana Putri(1*), Syamsudduha Syamsudduha(2), Asia Mandjawakkang(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Analisis Tindak Tutur Imperatif dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarowang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur dan wujud tuturan imperatif guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa daerah kelas VIII SMP Negeri 1 Tarowang dengan menggunakan panduan teori Kunjana Rahardi. Analisis dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, teknik rekam video, teknik catat, dan teknik domumentasi serta teknik simak. Analisis cara mengamati, merekam, mengklarifikasi, dan mengelompokkan data yang diperoleh. Kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur dan wujud tuturan imperatif yang diperoleh terdiri dari sebelas yaitu 1) imperatif perintah sembilan wujud tuturan, 2)imperatif suruhan empat wujud tuturan,  3) imperatif permintaan enam wujud tuturan,  4) imperatif desakan lima wujud tuturan,  5) imperatif bujukan dua wujud tuturan, 6) imperatif ajakan tiga wujud tuturan, 7) imperatif mengizinkan tiga wujud tuturan, 8) imperatif larangan enam wujud tuturan, 9) imperatif harapan dua wujud tuturan, 10) imperatif pemberian ucapan selamat tiga wujud tuturandan 11) imperatif anjuran tiga wujud temuan.

Keywords


tuturan imperatif, guru, siswa, bahasa daerah

Full Text:

PDF

References


Anwar, Alifia Afdani. 2019. Tindak Tutur Siswa XI SMA Negeri 22 Makassar Pada Situasi Formal. Universitas Negeri Makassar.

Andriani, Rena Fiesty.2013. “Analisis Penggunaan Kalimat Perintah Guru Dalam Proses Kegiatan Belajar-Mengajar Di SD Negeri 09 Panggang, Kabupaten Jerapa”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daeng, Kembong. 2015. Sintaksis Bahasa Makassar. Badan Penerbit UNM. Makassar.

Djumingin, Sulastrinigsih. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Makassar. Badan penerbit UNM.

Hendrikus. 1990. Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Beragrumentasi, dan Bernegosiasi. Yogyakarta: Karnisius.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Aplikasi).

Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Kridalaksana, H. 2011. Struktur, Kategori, dan Fungsi dalam Teori Sintaksis. Indonesia: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. 2008. Kamus Linguistik Umum. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan M.D.D. Oka. Jakarta: Universitas Indonesia.

Lubis, A.H.A. 1993. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung. Angkasa.

Moleong, Lexi J, 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ramlan, M. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: UP Karyono.

Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik: Teori dan Analisi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rohadi. (2010). Pragmatik. Jakarta: Erlangga.

Searle, John. 1987. Spech Act an Essay in The Philoshophy of Languange. Cambridge: University Press.

Silalahi, Uber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

S, Fitriani. 2019. Analisis Kesantunan Tuturan Imperatif Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Takalar. Universitas Negeri Makassar.

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henri Guntur. 2015, Pengajaran Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Wijana, I Dewa Putu. 1986. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Penerjemahan Indah Fajar Wayuni. Yogyakarta: Pusaka Belajar.

Zainuddin. 2018. Tindak Tutur Ekspresif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MAN Pinrang. Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anindia Dila Lana Putri, Syamsudduha Syamsudduha, Asia Mandjawakkang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License