SIKAP BAHASA SISWA TANETE RIAJA TERHADAP BAHASA BUGIS

Riska Riska(1*), Johar Amir(2), Sultan Sultan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Sikap Bahasa Siswa Tanete Riaja Kabupaten Barru terhadap Bahasa Bugis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap bahasa siswa Tanete Riaja terhadap bahasa Bugis yang terbagi menjadi tiga, yaitu (1) kesetiaan bahasa, (2) kebanggaan bahasa, dan (3) kesadaran adanya norma bahasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket online. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa sehingga dalam penarikan sampel peneliti menggunakan total sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Tanete Riaja yang berjumlah 70 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan mengambil perhitungan statistik dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesetian bahasa siswa terhadap bahasa Bugis berkategori positif; (2) kebanggaan bahasa siswa terhadap bahasa Bugis berkategori positif; (3) kesadaran adanya norma bahasa Bugis siswa berkategori positif. 


Keywords


Sikap Bahasa, Bahasa Bugis, Tanete Riaja

Full Text:

PDF

References


Adriana, I. (2008). Memahami pola perkembangan Bahasa anak dalam konteks pendidikan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2).

Di Sulawesi, S. B. J. K. (n.d.). Sikap Masyarakat Tutur Etnik Cina terhadap Penggunaan Bahasa Makassar di Sulawesi Selatan Berdasarkan Faktor Jenis Kelamin: Analisis Sosiolinguitik (The Attitude of Ethnic Chinese Speech Community toward.

Jahrir, A. S., Asia, A., & Yunus, A. F. (2020). PKM Siswa dalam Menulis Karya Ilmiah dengan Teknik Kutipan Online (Mendeley) sebagai Kompetensi Kebahasaan di SMAN 8 Pinrang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2020). Dampak Media Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Klasikal: Journal Of Education, language Teaching, and Science, 2(3), 9-18.

KEBUDAYAAN, K. P. D. A. N. (n.d.). SEMINAR.

Lamusu, S. A. (2015). Pemertahanan Bahasa dan Sastra Daerah Gorontalo Sebagai Jati Diri. Fundamental (DP2M), 2(961).

Manuaba, I. B. P. (2019). Wacana Bahasa dan Sastra. Airlangga University Press.

Mokhtar, M. (2000). Interferensi morfologis penutur bahasa Bugis dalam berbahasa Indonesia. Humaniora, 12(2), 219-224.

Muhdina, D. (2014). Kerukunan Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal di Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

MUSLIM, A. (n.d.). Potret Masyarakat Suku Bugis di Dusun Bollangi Desa Timbuseng Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga, 1(2), 31.

Zaim, M. (2014). Metode penelitian bahasa: Pendekatan struktural.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riska Riska, Johar Amir, Sultan Sultan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id