PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU BUGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NARASI BAHASA BUGIS DI WATANSOPPENG

Nurwina Nurwina(1*), Muhammad Saleh(2), Sultan Sultan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengaruh Penggunaan Media Lagu Bugis Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Bahasa Bugis  di Watansoppeng. Tujuan penelitian ini  untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media lagu Bugisterhadap hasil belajar menulis teks narasi bahasa Bugis di Watansoppeng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yakni tes yang dibagi menjadi pretestdan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watansoppeng Tahun Ajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa sebanyak 192 orang. Pengambilan sampel diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media lagu Bugisberada pada kategori rendahdengan nilai rata-rata 63,33, setelah menggunakan media lagu Bugisberada pada kategori tinggidengannilai rata-rata 85,63. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis p-value < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media lagu Bugis terhadap hasil belajar menulis teks narasi bahasa Bugis di Watansoppeng.

 


Keywords


Pengaruh, Media Lagu, Teks Narasi

Full Text:

PDF

References


Antoni, T., & Permadi, T. (2018). Pertujukan Krinok sebagai Media Pelestarian Tradisi Lisan. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 821-828.

Feri, L., & Jahrir, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Panrita: Jurnal Bahasa Dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 1(1), 38-42.

Haslinda, S. P., Azis, S. A., & Thaba, A. (n.d.). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar.

Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2020). Live broadcast impact in teaching and learning process during Covid-19 pandemic. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 3(4), 150-153.

Kusumawarti, E., & Subiyantoro, S. (n.d.). Minat Belajar: Faktor Pendukung Keterangpilan Menulis Narasi. Seminar Nasional Pendidikan, 14.

Mardiah, M., Refdinal, R., & Ridwan, R. (2018). Korelasi Kemampuan Menyusun Paragraf dan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Keterampilan Menulis Laporan. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(2), 67-74.

Nuzula, K., & Sastromiharjo, A. (2018). Pembelajaran Membaca Teks Deskripsi menggunakan Model 5M Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1061-1070.

Sari, M. N. (2019). Pengembangan Media Komik Materi Memaparkan Informasi Penting dari Menggali Teks Narasi Pada Siswa Kelas V SDN Karang Juwana UNNES.

Syamsuryah, S. (2017). Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Menggunakan Aksara Lontaraq pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng. FBS.


Article Metrics

Abstract view : 30 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurwina Nurwina, Muhammad Saleh, Sultan Sultan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id