INTERFERENSI MORFOLOGI BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS TEKS NARASI BAHASA BUGIS

Riska Damayanti(1*), Muhammad Saleh(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Interferensi Morfologi Bahasa Indonesia dalam Menulis Teks Narasi Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi morfologi pada aspek afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan bahasa Indonesia yang ditemukan dalam teks narasi bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bentuk interferensi morfologi bahasa Indonesia dalam teks narasi bahasa Bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone ditemukan pada aspek afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan. Pada aspek afiksasi berupa: penggunaan imbuhan berbahasa Indonesia dan kata dasar berbahasa Bugis dan sebaliknya kata dasar berbahasa Indonesia dan imbuhan berbahasa Bugis, pada aspek reduplikasi: penggunaan kata berulang berbahasa Indonesia, pada aspek pemajemukan berupa: penggabungan dua buah kata yang membentuk satu pengertian berbahasa Indonesia.

Keywords


Interferensi morfologi, bahasa Indonesia, teks narasi, bahasa Bugis

Full Text:

PDF

References


Asrif, N. F. N. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Daerah dalam Memantapkan Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. Mabasan, 4(1), 287858.

Fitri, S., Saleh, M., & Jahrir, A. S. (2020). Pengaruh Bahan ajar Keterampilan Berbicara terhadap Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Universitas Negeri Makassarberdasarkan perspektif Latar Belakang Pendidikan Orang Tua. Klasikal: Journal Of Education, Language, teaching and Science, 2(3), 31-42.

Jahrir, A. Sahtiani. (2009). Implementasi undang-undang nomor 24 tahun 2009 terhadap pemakaian bahasa indonesia pada sentra bisnis di makassar. 24, 1-19.

KEBUDAYAAN, K. P. D. A. N. (n.d.). SEMINAR.

Sofiya, L., & Mujianto, G. (2020). Alih kode pada pemakaian bahasa intimate dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Maarif. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1).

Syamsuryah, S. (2017). Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Menggunakan Aksara Lontaraq pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng. FBS.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika,


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riska Damayanti, Muhammad Saleh, Usman Usman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id