PENGARUH PENGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Sulpianti Sulpianti(1*), Azis Azis(2), Fatimah Fatimah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhdap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi bahasa Bugis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitianOne Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yakni tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Tahun Ajaran 2020-2021 dengan jumlah siswa sebanyak 117 orang. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferesial. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks deskripsi bahasa Bugis sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0.000 < 0,05), maka hipotesis (Ha) dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Artinya, bahwa variabel penggunaan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Pengaruh, Media Gambar, Menulis Teks Deskripsi

Full Text:

PDF

References


Afdiliyasari, D. (2017). Peningkatan Keterampian Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Mellaui Metode Pembelajaran Brainstorming dan media Gambar Seri kelas V SD Negeri Prampelan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2).

Feri, L., & Jahrir, A. S. (2020). Efektivitas pembelajaran Daring di Tengan Pandemi Covid-19. Panrita: Jurnal Bahasa Dan Sastra Daerah Serta Pembelajarannya, 1(1), 38-42.

Hartina, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dalam Bahasa Bugis Melalui media Lingkungan Siswa Kelas VII. 4 SMPN 1 Watansoppeng. universitas Negeri Makassar.

Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2020). Dampak Media Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching and Science, 2(3), 9-18.

Rahmah, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis teks Eksposisi dengan menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banda Aceh. STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Rajagukguk, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Prediction Guide terhadap Kemampuan menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Rustam, A. Rifaldi. (2017). Kemampuan Menggunakan Afiks dalam Kata Bahasa Bugis Dialek Sinjai Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Tengah. FBS.


Article Metrics

Abstract view : 1189 times | PDF view : 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sulpianti Sulpianti, Azis Azis, Fatimah Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License