BENTUK TINDAK TUTUR IMPERATIF BAHASA BUGIS DALAM KHUTBAH JUMAT

Emy Yusliana(1*), Johar Amir(2), Andi Fatimah Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tindak Tutur Imperatif Bahasa Bugis dalam Khutbah Jumat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur imperatif bahasa Bugis dalam khutbah jumat, dan (2) mendeskripsikan makna pragmatik yang terkandung dalam tindak tutur imperatif bahasa Bugis yang telah dituturkan khatib. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan perekaman dan Catat. Hasil penelitian ini menunjukkan tindak tutur imperatif bahasa Bugis khatib dalam khutbah jumat memiliki bentuk tindak tutur imperatif dan makna pragmatik imperatif dalam tuturan khatib. Tindak tutur imperatif bahasa Bugis khatib yang ditemukan terdapat 47 bentuk tuturan imperatif yang dikategorikan dalam beberapa bentuk tindak tutur imperatif dan terdapat 6 makna pragmatik imperatif. Bentuk tindak tutur imperatif yang ditemukan yaitu imperatif biasa (biasa), imperatif permintaan (parellauang), imperatif pemberian izin (pappelabeq), imperatif ajakan (mangera), dan imperatif suruhan (passuro).


Keywords


Tindak Tutur, Imperatif, khotbah Jumat

Full Text:

PDF

References


Fitri, S., Saleh, M., & Jahrir, A. S. (2020). Pengaruh Bahan ajar Keterampilan Berbicara terhadap Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Universitas Negeri Makassar berdasarkan perspektif Latar Belakang Pendidikan Orang Tua. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 2(3), 31-42.

Malbar, S. (2019). TINDAK TUTUR DIREKTIF KHATIB DALAM KHUTBAH JUMAT BERBAHASA BUGIS DI DESA WAETUWO KECAMATAN KAJUARA KABUPATEN BONE. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Maryani, M. (2020). STRATEGI IMAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS JAMA'AH DI MASJID DARUSSALAM DESA AIR KEMUNING KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN SELUMA. IAIN BENGKULU.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: kesantunan imperatif bahasa Indonesia. Erlangga.

Sumiani, S. (2019). SIMBOL DAN MAKNA TATA RIAS PENGANTIN BUGIS MAKASSAR. JURNAL PAKARENA, 1(1), 1-17.

Syamsuryah, S. (2017). Kemampuan Menulis Narasi Bahasa Bugis dengan Menggunakan Aksara Lontaraq pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng. FBS.

Yahya, H. (2014). Mitologi Turunnya Latemmamala di Kerajaan Bugis Soppeng (Suatu Tinjauan Aqidah Islam). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 392 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Emy Yusliana, Johar Amir, Andi Fatimah Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License