Nilai-Nilai Religius yang Terkandung dalam Sinrilik Bosi Timurung I ‘Balu’

Siti Nurhaedah(1*), Johar Amir(2), Hajrah Hajrah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Nilai-Nilai Religius yang Terkandung dalam Sinrilik Bosi Timurung I ‘Balu’.Tujuan penelitianiniadalahuntukmendeskripsikan nilai-nilai religius yang terkandung dalam Sinrilik Bosi Timurung I ‘Balu’.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatifdengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara teknik baca dan teknik catat, teknik analisis data dilakukan dengan cara mengutip semua teks (dalam bentuk tulisan) yang dianggap sebagai data yang menggambarakan nilai-nilai yang terkandung dalam teks. Hasilpenelitianmenunjukkanditemukan 3 nilai religius yaitu sebagai (1)Nilai Religius Hubungan Manusia dengan Tuhan yang meliputi Nilai Berserah diri kepada Allah SWT, Berdoa kepada Allah SWT dan Mengakui kebesaran Allah SWT, (2) Nilai Religius Hubungan Manusia dengan Manusia yaitu kasih sayang dan (3) Nilai Religius Hubungan Manusia dengan Alam yaitu Nilai Keindahan Alam, Menjaga dan memilihara Ciptaan Allah SWT. 

 


Keywords


Nilai-Nilai, Religius, SinrilikBosi Timurung I ‘Balu’

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Aventinus, Y., & Riwanto, R. (2020). Ritual Pola Munak Masyarakat Kampung Kedel Desa Watu Lanur Kecamatan Pocoranaka Kabupaten Manggarai Timur Sebuah Kajian Antropologis Sosiologis. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 1(1), 47-63.

Daeng, K. (2015). Pengembangan materi pembelajaran makassar bagi siswa SMP/MTS. di sulawesi selatan. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(1), 27-38.

Ihsan, B. (2019). Peran Pembelajaran Budaya Lokal Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1-8.

KEBUDAYAAN, K. P. D. A. N. (n.d.). SEMINAR.

KUSMALIA, N. (2020). Analisis Nilai-Nilai Religius dalam Novel di Antara Dua Sujud Karya Muahammad Irata dan Rancangan Pembelajaran Sastra di SMA Universitas Muhammadiyah Palembang.

Majid, A. (2020). Representasi Sosial dalam Film "Surat Kecil Untuk Tuhan"(Kajian Semiotika dan Sosiologi Sastra). Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(02), 101-116.

Muslim, A. (2011). Ekspresi Kebijaksanaan Masyarakat Bugis Wajo Memelihara Anak (Analisis Sastra Lisan) Wisdom Expression of Bugineese Wajo Community in Caring Children (Oral Litelature Analysis). Al-Qalam, 17(1), 125-132.

Rahman, F. (2017). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar Menulis Rupama Menggunakan Media Gambar. FBS.

Rosyanti, S. (2017). Nilai moral dalam novel surat kecil untuk tuhan karya Agnes Davonar. DIKSATRASIA, 1(2), 182-190.

Rustan, E. (2018). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Multikultural dalam Mewujudkan Pendidikan yang Berkarakter di Era Globalisasi.

Syarifuddin, D. (2017). Nilai Budaya Batik Tasik Parahiyangan Sebagai Daya Tarik Wisata Jawa Barat. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 9-20.

Tallumbatua, K., & Rahim, A. B. D. R. (n.d.). Nilai-Nilai Sosial Sinrilik.


Article Metrics

Abstract view : 354 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Nurhaedah, Johar Amir, Hajrah Hajrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Department of Indonesian Language, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI). 

Indexed by:

 

  Email: jurnal.panrita@unm.ac.id


Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License